Dinkes Menunggu Petunjuk Vaksinasi Covid-19 Anak, DPRD Kota Kupang: Uji dan Pastikan Aman | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinkes Menunggu Petunjuk Vaksinasi Covid-19 Anak, DPRD Kota Kupang: Uji dan Pastikan Aman


Anggota DPRD Kota Kupang, Ewalde Taek. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

POLITIK

Dinkes Menunggu Petunjuk Vaksinasi Covid-19 Anak, DPRD Kota Kupang: Uji dan Pastikan Aman


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI telah memutuskan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 pada anak-anak. Hal ini menyusul pemberian izin oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Menindaklanjuti hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati mengatakan, vaksinasi Covid-19 untuk anak di Kota Kupang belum dimulai. “Belum dimulai di Kota Kupang, dan belum mendapatkan petunjuknya secara pasti. Jadi kami sifatnya menunggu (Petunjuk, Red),” kata drg. Retno saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (30/6).

Retno mengaku, sesuai informasi yang diterima, vaksin yang akan digunakan pada anak adalah vaksin Sinovac. “Tetapi kejelasannya seperti apa kita belum tahu. Kita masih fokus vaksinasi kepada lansia dan pekerja layanan publik dan masyarakat umum, atau kategori dewasa,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kota Kupang, Theodora Ewalde Taek mengatakan, DPRD menyambut baik langkah yang diambil oleh pemerintah terkait program vaksinasi pada anak. “Karena kondisi saat ini di mana kasus Covid-19 terus naik, pertambahan yang tidak terkendali ini tentu membuat cemas semua masyarakat juga para orangtua,” katanya.

Menurut Ewalde, vaksinasi Covid-19 bagi anak ini juga merupakan salah satu upaya memproteksi anak-anak terhadap paparan Covid-19.

BACA JUGA: Vaksin Anak Belum Ada, Guru Besar FKUI: Perlu Prokes Khusus

BACA JUGA: Hongkong Setuju Vaksin Covid-19 Pfizer untuk Anak Usia 12 Tahun

“Memang kita tahu betul bahwa sudah hampir dua tahun anak-anak kita tidak melakukan sekolah tatap muka. Hal ini tentunya juga berdampak buruk pada dunia pendidikan, sehingga penanganan kesehatan dan antisipasi sangatlah penting agar anak-anak bisa kembali bersekolah secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat dan imunitas tubuh yang terbentuk,” katanya.

Dia memintan agar vaksin yang digunakan untuk anak-anak harus diuji coba terlebih dahulu sehingga dipastikan aman. Karena anak adalah masa depan bangsa yang harus diproteksi, mereka harus aman dan sehat, setelah divaksin.

Politikus PKB ini mengatakan, sesuai data yang diperoleh memang varian baru Covid-19 banyak menyerang anak. Jadi vaksinasi ini sebagai salah satu upaya pencegahan. “Tetapi harus dipastikan aman dan sehat bagi anak,” kata Ewalde mengingatkan. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top