Pusatkan Perayaan HUT di Desa Nuse, Dekatkan Pelayanan, Rote Ndao Perketat Prokes Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pusatkan Perayaan HUT di Desa Nuse, Dekatkan Pelayanan, Rote Ndao Perketat Prokes Covid-19


PANTAU PERSIAPAN. Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek (kanan) saat memantau pelaksanaan rapid test, sebagai syarat untuk dapat melakukan/menyelenggarakan kegiatan di Desa Nuse, Rabu (30/6). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Pusatkan Perayaan HUT di Desa Nuse, Dekatkan Pelayanan, Rote Ndao Perketat Prokes Covid-19


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Rote Ndao tahun ini dipusatkan di Desa Nuse, Kecamatan Ndao Nuse. Demi memeriahkan HUT itu, Pemkab Rote Ndao menggelar sejumlah kegiatan sosial kemasyarakatan demi mendekatkan pelayanan. Meski demikian, pelaksanaannya tetap dengan penerapkan protokol kesehatan demi mengendalikan dan mencegah penyebaran Covid-19.

Perayaan HUT kali ini dilakukan dengan sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Selain membatasi mobilitas warga, juga ketat memberlakukan protokol kesehatan sebelum puncak perayaannya. Hari ini, Jumat (2/7) merupakan puncak kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) serta penyuluhan-penyuluhan. Tujuannya memotivasi masyarakat untuk produktif dengan aman.

“Iya, semua kegiatan kami pusatkan di Desa Nuse. Dari Nuse kami mau dorong kegiatan ekonomi masyarakat Rote Ndao. Terus berproduksi, tetapi harus dengan cara-cara yang aman. Karena pandemi ini belum berakhir,” pesan Sekretaris Daerah Rote Ndao, Jonas M. Selly, kepada TIMEX saat ditemui di Desa Nuse saat mendampingi Wakil Bupati, Stefanus M. Saek memantau kesiapan pelaksaaan perayaan, Kamis (30/6).

Sekda Jonas menyebut, jenis kegiatan yang dilakukan melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah menjalani rapid test antigen dengan hasil negatif. Ini untuk melaksanakan instruksi Bupati sebagai syarat menggelar sebuah kegiatan.

“Ada beberapa kegiatan yang dilakukan di sini (Nuse). Tapi sebelum dilakukan, OPD (Aparatur, Red) yang terlibat harus punya hasil negatif rapid test antigen. Karena sebelum kita minta masyarakat untuk taat atau lakukan kita (pemerintah) yang harus jadi contoh,” kata Sekda Jonas.

Jonas menambahkan, tenaga kesehatan (Nakes) juga sudah disiagakan untuk menyukseskan kegiatan tersebut. “Para Nakes sudah siap untuk rapid seluruh masyarakat Desa Nuse, sekaligus melakukan vaksinasi. Begitu juga OPD yang terlibat. Lainnya (OPD) juga wajib jalani rapid sebelum puncak peringatan HUT pada Jumat (2/7),” sebutnya.

Rangkaian kegiatan, demikian Sekda Jonas, selain pelayanan rapid test kepada warga, juga dilakukan vaksinasi. Kegiatan vaksin tersebut langsung dilakukan untuk membantu warga Desa Nuse, agar tidak lagi menyeberangi laut hanya untuk divaksin.

Selanjutnya, vaksinasi terhadap hewan dan ternak warga juga dilakukan. Kegiatan tersebut dipimpin Kepala Dinas Peternakan, Herman Haning, dengan menerjunkan beberapa dokter hewan, yang secara door to door, memvaksin hewan yang sementara dipelihara warga di rumah masing-masing.

Ada juga pelayanan administrasi kependudukan yang oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, berhasil melayani sebanyak 108 lembar Kartu Keluarga (KK), dan 15 Kartu Identitas Anak (KIA) usia 0-5 tahun.

Sedangkan beberapa dokumen kependudukan lainnya, seperti KIA untuk anak usia 6-16 tahun, Akta Kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), belum bisa dilayani secara langsung di Desa Nuse. Sebab, di Nuse, layanan infrastruktur seperti jaringan internet tidak menunjang aktifitas tersebut.

“Adalah tanggung jawab kami untuk selesaikan dan dikirim secepatnya. Jumlahnya ada beberapa, yakni 96 KIA untuk usia 6 – 16 tahun. Juga akta kelahiran, dan KTP warga yang dibuat ulang karena rusak. Semuanya itu diproses di kantor, karena di Nuse memang kendala akses jaringan internet. Tapi beberapa dokumen kependudukan, bisa langsung dilayani,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Rote Ndao, Petson S. Hangge.

Serangkaian kegiatan lainnya adalah, penyuluhan tentang Keluarga Berencana (KB) sosialisasi Kartu Kusuka dan Pas Kecil bagi nelayan, bahaya Narkoba, serta mitigasi bencana oleh BMKG. Begitu juga pemutaran film tentang kilas balik pembentukan dan pembangunan di Rote Ndao.

Terhadap pelayanan yang disebut Sekda Jonas, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, dr. Feby Riwu mengakuinya, ketika dikomfirmasi TIMEX. Yang disebutnya selain Nakes, ketersediaan reagen pun dipastikan cukup, untuk melakukan rapid test.

“Kami memang diperintahkan demikian. Nakes dan reagen sudah kami siapkan. Untuk reagen ada 250, dan fokusnya untuk semua masyarakat Nuse dan juga peserta yang terlibat dalam kegiatan ini. Vaksinasi, juga kami lakukan terhadap warga yang belum dapat,” kata dr. Feby Riwu.

Sementara itu, Kepala Desa Nuse, Hesron Pasole, menyambut baik pelaksanaan semua kegiatan yang dipusatkan di wilayahnya. Menurutnya, sebagai sebuah kebanggaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Desa Nuse. Sebab, tak pernah dibayangkan, Nuse yang disebutnya terpencil jadi tuan rumah untuk dilangsungkan berbagai kegiatan menyongsong HUT Rote Ndao.

“Sangat bangga. Dan beginilah kondisi kami di sini, dengan segala keterbatasan yang ada. Tetapi kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote, yang sudah pusatkan berbagai kegiatan, yang secara langsung membantu kami,” kata Hesron Pasole.

Diketahui, selain kegiatan yang dilaksanakan, juga disalur bantuan untuk mendukung ketersediaan buku bacaan di perpustakaan Desa Nuse. Sebanyak 170 exemplar buku, dari 17 judul, sudah diterima oleh Kepala Desa Nuse, Hesron Pasole, dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Pada puncak acaranya, dilakukan hiburan rakyat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk memperebutkan hadiah menarik.

Untuk diketahui, dari letaknya, Desa Nuse, memang terpisah, dan berada di pulau sendiri. Layaknya Nuse, dua desa lainnya pun demikian, yakni Desa Tenalai, Kecamatan Landu Leko, dan Desa Landu di Rote Barat Daya. Secara keseluruhan, Rote Ndao saat ini memiliki 112 desa. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top