Selama Mei-Juni, Terjadi 285 Kali Gempa di NTT | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Selama Mei-Juni, Terjadi 285 Kali Gempa di NTT


Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kupang, Margiono. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Selama Mei-Juni, Terjadi 285 Kali Gempa di NTT


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu daerah yang tak luput dari hantaman gempa. Berdasarkan data Stasiun Geofisika, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang, selama periode Mei – Juni 2021, terjadi 285 kali gempa yang melanda bumi Flobamora.

Rinciannya, pada Mei 2021 terjadi 161 kejadian gempa. Empat kejadian dirasakan langsung masyarakat. Sementara pada Juni 2021, terjadi 124 kali gempa bumi, dimana dua kejadian dirasakan masyarakat.

“Berdasarkan data ini, kejadian gempa bumi di wilayah Provinsi NTT yang terdiri dari 21 kabupaten dan 1 kota mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Kejadian gempa bumi dalam periode Mei – Juni itu lebih sedikit dibandingkan dengan bulan sebelumnya (Mei 2021), dimana terdapat 37 penurunan aktivitas kejadian gempa bumi,” jelas Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kupang, Margiono, kepada TIMEX di Kupang, Kamis (1/7).

BACA JUGA: Gempa Bumi 5,1 Magnitudo Guncang Kabupaten Kupang, Tidak Berpotensi Tsunami

BACA JUGA: Sepanjang Mei 2021, Terjadi 161 Gempa Bumi di NTT, 4 Kejadian Dirasakan

BACA JUGA: 804 Kali Gempa Bumi Guncang Indonesia Selama Agustus, Ini Wilayah Paling Aktif di NTT

Menurut Margiono, gempa bumi pada Juni 2021 didominasi oleh gempa bumi berkekuatan kecil yakni 4,0 magnitudo sebanyak 104 kejadian dan berkedalaman dangkal (<60 km) sebanyak 94 kejadian. “Aktivitas gempa bumi tertinggi terjadi tanggal 25 Juni 2021 yaitu 9 kejadian,” ungkap Margiono.

Margono meminta kepada masyarakat untuk memastikan sumber informasi yang benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan terkait aktifitas kegempaan, yakni dari BMKG. Dengan demikian, lanjutnya, informasi yang didapat masyarakat pun juga benar. “Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi sobat sekalian. Tetap siaga dan selalu semangat serta sehat dalam menjalankan aktivitas,” pungkasnya. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top