Tim Buser Polres TTU Amankan Pegawai Koperasi, Gegara Curi Dompet | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tim Buser Polres TTU Amankan Pegawai Koperasi, Gegara Curi Dompet


AMANKAN. Tim Buser Polres TTU saat mengamankan Kelvin Lili (jongkok), pelaku pencurian dompet di Lapangan Oemanu, Kefamenanu yang terjadi pada 25 Juni 2021 lalu. Tampak sejumlah barang bukti turut diamankan aparat. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Tim Buser Polres TTU Amankan Pegawai Koperasi, Gegara Curi Dompet


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Tim Buru Sergap (Buser) Kepolisian Resor Timor Tengah Utara (Polres TTU) berhasil meringkus pelaku pencurian dompet dalam jok motor di Desa Bakitolas, Kecamatan Naibenu, Kabupaten TTU, Kamis (1/7).

Pelaku yang diringkus itu bernama Kelvin Lili, pegawai salah satu koperasi yang beraktifitas di TTU. Ia melancarkan aksinya menggunakan satu unit sepeda motor.

Sesuai data yang berhasil dihimpun TIMEX menyebutkan bahwa kasus ini terjadi pada 25 Juni 2021 sesuai laporan polisi Nomor: LP/B/135/VI/2021/SPKT/Polres TTU/Polda NTT tentang pencurian. Pelapornya adalah Petrus Mau dengan terlapor Kevin Lili.

Dalam laporannya, pelapor menerangkan bahwa pada Jumat (25/6) lalu, sekira jam 06.00 Wita, ia datang ke lapangan olahraga kantor Bupati TTU untuk berolahraga pagi. Saat itu, pelapor mamarkir sepeda motornya di area parkir samping pancuran. Pelapor kemudian mengambil tas dan memasukannya ke dalam jok motor Jupiter Z miliknya. Setelah itu, pelapor bergegas olahraga pagi.

Tak lama kemudian, pelapor mendapatkan notifikasi SMS banking pemberitahuan penarikan saldo sebesar Rp 2.000.000,- secara berturut-turut sebanyak lima kali sehingga pelapor langsung menuju ke sepeda motor pelapor untuk mengecek tas dan ATM. Ternyata tas milik pelapor beserta isinya berupa STNK motor, E-KTP, Kartu ASKES, HP Nokia dan ATM yang digunakan menarik saldo sebesar Rp. 10.000.000,- telah hilang sehingga pelapor melaporkan peristiwa itu ke pihak kepolisian.

Kasat Reskrim Polres TTU, AKP Sujud Alif Yulamlam, kepada TIMEX, Jumat (2/7) membenarkan peristiwa tersebut.

Dikatakan, Tim Buser Polres TTU berhasil mengamankan seorang pelaku pencurian dompet bermana Kelvin Lili yang diketahui sebagai karyawan koperasi.

Modus yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya adalah dengan memasukkan tangan kiri korban ke dalam jok motor dan mengambil tas serta dompet milik korban.

Usai mengambil dompet milik korban, pelaku kemudian menuju ke ATM Bank NTT yang berada di lapangan Bupati dan mengambil uang milik korban sebanyak Rp 10 juta.

“Pelaku mendapatkan pin dalam kontak SMS yang tertulis angka 333*** kemudian pelaku masuk ke dalam ATM untuk mengecek saldo dan setelah di masukkan pin tersebut pelaku dapat mengecek saldo korban kemudian pelaku keluar dari tempat ATM Bank NTT menuju kearah ATM BRI cabang El Tari. Sempainya di sana, pelaku menarik uang tunai senilai Rp 2 juta dengan durasi penarikan sebanyak lima sehingga total penarikan sebesar Rp 10 juta,” ungkap Sujud.

Sujud menambahkan, pelaku dibekuk berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/98/V/YAN 2.5/2021/Res TTU tanggal 10 Mei 2021 dan Laporan Polisi Nomor: LP/ B/135/VI/2021/SPKT/Polres TTU/ Polda NTT tanggal 25 Juni 2021.

Sebelumnya, Tim Buser telah melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku pencurian yang memiliki alamat KTP di Jalan Nangka RT 007 RW 002 Kelurahan Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang ini.

Barang bukti yang berhasil diamankan tim buser, yakni satu unit motor Honda Beat berwarna biru dengan nomor polisi DH 3784 KL, satu helm berwarna biru, satu kartu ATM BRI milik korban, satu unit handphone merek realme warna silver, satu jaket berwarna kuning, satu switer berwarna coklat, sepasang sepatu berwarna hitam dasar kuning.

“Tersangka saat ini dalam keadaan sehat dan sedang ditahan di Mapolres TTU. Sementara semua barang bukti tersebut telah diserahkan kepada penyidik Polres TTU untuk kepentingan proses hukum selanjutnya,” pungkas Sujud. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top