Danrem Sesalkan Penangan Covid-19 di NTT, Brigjen Legowo: Ini Darurat Virus, Mari Kita Perang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Danrem Sesalkan Penangan Covid-19 di NTT, Brigjen Legowo: Ini Darurat Virus, Mari Kita Perang


POSE BERSAMA. Danrem 161/Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko (ketiga kanan) pose bersama jajaran pejabat Dinas Kesehatan NTT usai rapat koordinasi di aula lantai II Kantor Dinas Kesehatan NTT, Senin (5/7). (FOTO: BORGIAS KOLLO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Danrem Sesalkan Penangan Covid-19 di NTT, Brigjen Legowo: Ini Darurat Virus, Mari Kita Perang


KUPANG,TIMEXKUPANG.com-Komandan Distrik Militer (Danrem) 161/Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko menyesalkan penangan pandemi Covid-19 di wilayah Provinsi NTT. Pasalnya belum ada koordinasi yang belum bagus antarinstansi pemerintah di 22 kabupaten/kota itu.

“Di daerah lain saya melihat kalau ada yang datang naik kapal itu segera di-rapid. Nah ini kerja sama antara Forkopinda sudah luar biasa sehingga para bupati sudah mengeluarkan aturan aturan tentang prokes. Tapi di NTT ini saya lihat landai-landai saja,” ungkap Danrem Legowo saat rapat koordinasi dengan para pejabat terkait di Dinas Kesehatan NTT, di aula lantai II Kantor Dinas Kesehatan NTT, Senin (5/7) siang.

Kekesalan orang nomor satu dijajaran Korem 161/Wirasakti Kupang ini makin bertambah ketika ia menemukan adanya perbedaan data kasus Covid-19 antara provinsi dan data 22 kabupaten/kota.

“Saya selalu ikuti laporan dari daerah-daerah antara terpapar Covid-19 meninggal, sembuh, dan dirawat di rumah sakit itu kadang-kadang berbeda. Saya dalam hati bilang koq begitu. Ada yang sembuh, koq minus begitu ditanya ke petugasnya, dibilang ini data dari daerah, kita hanya meng-input saja. Ini nanti pengaruhnya kepada keputusan pemerintah pusat untuk NTT tidak riil. Mari kita kerja sungguh-sungguh untuk masyarakat kita biar angka covid-nya menurun,” pinta Danrem Legowo.

Fakta lain yang Danrem Legowo temukan adalah masih banyak warga desa tidak mendapat layanan vaksinasi Covid-19 dari para medis di Rumah Sakit Tentara (RST) Wirasakti Kupang saat digelar program serbuan vaksin beberapa hari lalu.

“Kemarin Sabtu (3/7) dan Minggu (4/7) kami laksanakan program serbuan vaksin, pesertanya banyak tapi yang laksanakan hanya TNI AD. Nah kami minta ke petugas provinsi tidak bisa karena katanya pegawai libur. Loh Sabtu-Minggu pegawainya libur, padahal kondisi saat ini kalau di militer ini namanya darurat militer. Kita perang melawan virus. Ini darurat virus, mari kita perang melawan virus apalagi bapak-ibu di Dinas Kesehatan,” tandas Danrem Legowo.

Danrem Legowo berjanji siap membantu Pemprov NTT memutus mata rantai penyebaran virus korona di wilayah NTT. Saat ini, lanjut Danrem, para medis di RST siap setiap saat untuk melayani vaksin kepada masyarakat yang ingin menerima vaksin Covid-19.

“Masalahnya stok vaksin ada atau tidak? Saya minta Dinas Kesehatan, kalau vaksinnya ada buka gudangnya saja. Kami sudah hitung koq, kalau vaksin pertama 1.000 orang vaksin kedua juga 1.000 koq. Kami tertib administrasi. Ada kejadian, ibu nangis dengan anak datang, pak saya vaksin kedua kemarin vaksin pertama di Puskesmas A tapi saya ditolak, akhirnya lari ke RST. Ini salahnya dipetugas Puskesmas tidak memperkirakan kebutuhan vaksin pertama dan kedua,” katanya.

Danrem juga meminta Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan Korem 161/Wirasakti Kupang untuk mengampanyekan tertib dan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat lebih tertib menjalankan prokes di tempat umum dan menghindari kerumuman massa serta menjaga jarak dan cuci tangan selalu.

“Saya ajak mari kita sama-sama turun ke jalan-jalan dimana tempat umum kita teriakan ajak masyarakat, ayo pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan ikut vaksin biar masyarakat kita sadar menerapkan prokes,” kata Danrem 161/Wirasakti Kupang.

Menanggapi ajakan Danrem 161/Wirasakti Kupang itu, Sekretaris Dinas Kesehatan NTT, Samuel Halundaka menyatakan kesiapan bersama aparat TNI melakukan kampanye disiplin prokes ke jalan-jalan. (ogi)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top