Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Siapkan Tempat Isolasi Terpusat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Siapkan Tempat Isolasi Terpusat


Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Siapkan Tempat Isolasi Terpusat


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang menyiapkan tempat isolasi terpusat bagi masyarakat yang terpapar Covid-19, khusus bagi mereka yang bergejala ringan, dan tidak memiliki rumah sesuai standar untuk melakukan isolasi mandiri.

“Saat ini, pemerintah masih mencari hotel yang mau untuk disewa. Pemerintah juga menjaga nama baik hotel yang disewa karena takutnya akan berpengaruh pada pendapatan mereka,” kata Wakil Wali (Wawali) Kota Kupang, dr Hermanus Man saat diwawancarai di Balai Kota Kupang, Senin (5/7).

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Yanuar Dally mengatakan, isolasi terpusat sudah disiapkan sejaka awal 2021, dan diurus oleh Dinas Kesehatan, namun dalam perjalanan Wawali meminta agar dialihkan ke Dinas Pariwisata. Tujuannya agar Dinas Kesehatan fokus menangani Covid-19 saja.

Yanuar Dally menjelaskan, jadi untuk mengurus sewa hotel diberikan tanggung jawab ke Dinas Pariwisata, dan pada refocusing anggaran kemarin diberikan ke Dinas Pariwisata.

“Kemarin digunakan dua hotel, Hotel Ima untuk menampung tenaga kesehatan yang terpapar, dan Hotel Yotowawa untuk isolasi terpusat,” ungkapnya saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Senin (5/7).

Dikatakan, untuk anggaran, masih dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan, karena akan dibayarkan sesuai dengan jumlah pasien yang dirawat dan berapa kamar yang digunakan.

BACA JUGA: Pemkot Larang Semua Kegiatan Perkumpulan Orang Selama Juli, Ini Kata Wawali

“Terhitung sejak Januari kemarin, pemerintah belum membayarkan biaya sewa hotel, dan saat ini sementara dihitung untuk segera diusulkan dan dibayarkan sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Asisten III Setda Kota Kupang ini menjelaskan, yang menentukan seorang penderita terpapar Covid-19 itu harus melakukan isolasi terpusat di hotel yang disediakan pemerintah, yaitu dari pihak puskesmas dan Dinas Kesehatan.

“Karena ada beberapa kriteria untuk dirawat di tempat isolasi terpusat. Apabila rumahnya tidak representatif, toiletnya di luar, dalam rumah ada anak-anak dan lansia, dan sangat berpotensi untuk menularkan ke keluarga di rumah, maka harus melakukan isolasi terpusat agar tidak membahayakan orang lain,” katanya.

Yanuar mengaku, saaat ini, Dinas Pariwisata masih berkoordinasi dengan hotel-hotel di Kota Kupang, termasuk berkoordinasi dengan hotel yang sudah pernah disewa sebelumnya, apakah masih mau melanjutkan kerja sama atau tidak, karena berpengaruh juga pada pendapatan hotel.

“Prinsipnya pemerintah bertanggung-jawab untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat bagi masyarakat Kota Kupang yang tidak memiliki rumah yang memenuhi standar untuk isolasi mandiri,” pungkasnya. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top