Stok Vaksin Astra Zeneca Kosong, 24 Ribu Warga Harap Bersabar | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Stok Vaksin Astra Zeneca Kosong, 24 Ribu Warga Harap Bersabar


Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man (kiri) bersama Kadis Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati beberapa waktu lalu. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Stok Vaksin Astra Zeneca Kosong, 24 Ribu Warga Harap Bersabar


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Vaksin Covid-19 jenis Astra Zeneca saat ini belum tersedia. Kekosongan stok ini terjadi sampai di tungkat pusat, sehingga masyarakat yang kemarin mendapatkan dosis pertama vaksin Astra Zeneca harus bersabar.

Wakil Waki Kota Kupang, dr. Hermanus Man mengatakan, stok vaksin memang bergantung pada pemakaian dan pengiriman. Kalau memang dari pemerintah pusat mengatakan bahwa untuk sementara stok belum bisa didistribusikan ke daerah, maka pemerintah daerah harus bersabar.

“Jadi untuk sementara vaksin Astra Zeneca belum ada, jadi kita menunggu saja dan meyakinkan masyarakat bahwa pasti akan diberikan dosis kedua, dan tidak sampai akhir Juli,” katanya saat diwawancarai di Balai Kota Kupang, Selasa (6/7).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati mengatakan, sesuai informasi yang diterima bahwa untuk vaksin Astra Zeneca masih dilakukan pengujian di Bandung.

“Jadi memang belum didistribusikan ke semua daerah karena vaksin yang dikirim dari luar negeri itu, baru masuk ke Indonesia dan masih sementara diuji di Bandung,” kata Retnowati saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (6/7).

Retnowati mengatakan, pada dosis pertama kemarin diberikan, memang ada beberapa yang sudah harus menerima dosis ke dua, karena itu, sesuai janji dari pemerintah pusat, sebelum 17 Juli, vaksin Astra Zeneca sudah didistribusikan ke daerah-daerah, termasuk NTT.

“Kalau tidak salah kemarin, yang mendapatkan vaksin Astra Zeneca dosis pertama sekitar 24.000 warga. Jadi nanti akan diminta ke Dinas Kesehatan Provinsi sesuai dengan yang sudah diberikan dosis pertama itu,” katanya.

Retno mengaku, Dinas Kesehatan Kota Kupang juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan NTT, dan sudah ada penjelasan terkait pengiriman vaksin Astra Zeneca.

“Diharapkan agar sebelum tanggal 17 Juli nanti vaksim sudah sampai sehingga bisa didistribusikan kepada fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Kota Kupang, untuk memberikan pelayanan vaksinasi dengan jenis Astra Zeneca dosis kedua,” katanya.

Retnowati mengatakan, Jika dilihat memang animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 sangat tinggi, sehingga dinas juga harus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan di masyarakat.

Dia menjelaskan, vaksinasi Covid-19 memang sangat penting, memang tidak menjamin bahwa jika sudah divaksin maka tidak terpapar Covid-19, tetap akan beresiko terpapar apabila tidak taat protokol kesehatan.

“Tetapi ketika sudah di vaksin dan terpapar Covid-19, maka tubuh kita kenal virusnya, dan akan membangun antibodi untuk melawan virus tersebut, otomatis secara klinis gejala yang dialami juga tidak parah,” jelasnya.

Dia mengatakan, untuk capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Kupang, mencapai 34 persen, dan masih di-warning agar dipercepat vaksinasi dengan sasaran lansia.

Sementara untuk tenaga kesehatan, capaian vaksinasi sudah 100 persen, sehingga dengan ini masyarakat tidak perlu takut ketika datang ke fasilitas kesehatan.

Sementara untuk pelayan publik, juga sudah di atas 100 persen, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir ketika pergi ke pelayanan publik seperti perbankan, PT Pos, guru, dan lainnya. “Secara keseluruhan herd immunity Kota Kupang baru mencapai sekitar 40 persen,” ungkapnya. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top