Cegah Covid-19 Varian Delta, Ketahui 3 Fakta Pemakaian Masker yang Benar | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cegah Covid-19 Varian Delta, Ketahui 3 Fakta Pemakaian Masker yang Benar


ILUSTRASI. Kreasi masker kain. Untuk hadapi Covid-19 varian Delta kita diimbau gunakan masker dua lapis kombinasi masker medis dan masker kain. (FOTO: ISTIMEWA)

GAYA HIDUP

Cegah Covid-19 Varian Delta, Ketahui 3 Fakta Pemakaian Masker yang Benar


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Jika memang terpaksa harus ke luar rumah saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, penting untuk selalu memakai masker untuk mencegah Covid-19 varian Delta. Penularan varian ini begitu cepat hingga membuat Indonesia mencatat 34 ribu kasus sehari dengan 1.040 jiwa dalam sehari.

Apalagi jika termasuk pekerja dari sektor esensial dan kritikal, maka harus lebih hati-hati karena lebih mudah terekspos virus Covid-19. Namun jangan khawatir. Selama menerapkan protkol kesehatan ketat dan memakai masker, kemungkinan besar akan tetap aman. Dalam keterangan tertulis Likee dengan kampanye #PakaiMaskerChallange, baru-baru ini, simaklah informasi seputar pemakaian masker.

1. Cara Memakai Masker yang Benar

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti bagaimana cara memakai masker yang benar. Banyak yang hanya memakai begitu saja tanpa mempedulikan benar atau tidak.

Terlebih dengan anjuran pemerintah tentang memakai masker dobel. Bukan dengan dua masker medis atau dua masker kain sekaligus.

Cara memakai masker yang benar itu, pertama, pastikan masker medis yang dipakai merupakan masker dengan tiga lapisan. Ketika ingin memakainya, bersihkan tangan minimal dengan cairan antiseptik berbahan alkohol atau sabun dan air.

Lalu, pastikan sisi mana yang bagian atas, biasanya terdapat pita logam dan tentukan bagian dalam masker, yang biasanya merupakan sisi putih.

Tempatkan masker di wajah menutupi hidung, mulut dan dagu, pastikan tidak ada celah antara wajah kamu dan masker lalu jepit pita logam sehingga membentuk di hidung. Setelah itu bisa memakai masker kain menutupi masker medis yang sudah terpasang di wajah.

2. Setelah Pakai Masker

Masker medis yang telah digunakan sehabis bekerja dari luar atau memang mau diganti dengan masker baru, jangan langsung dipegang dan dibuang sembarangan. Cuci terlebih dahulu tangan, baru lepaskan masker dari wajah.

Jangan pegang bagian dalam dan luar masker, pegang saja tali maskernya, lalu buang di tempat sampah tertutup. Untuk masker kain, apabila kotor atau lembab, ganti dengan yang baru, dan simpan masker kain kotor kamu di plastik.

Ketika di rumah, maka dapat mencuci masker kain yang telah dipakai dengan tangan atau dengan mesin cuci menggunakan sabun. Jangan lupa untuk menjemur masker kain di bawah sinar matahari.

Ketika melepaskan masker kain, juga masker medis, dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air atau cairan antiseptik.

3. Kreasikan Masker Kain Kamu

Apabila bosan dengan masker kain yang dimiliki, Anda bisa membuat masker kain sendiri dengan kain-kain sisa menjahit atau pakaian layak yang kamu sudah tidak pakai lagi. Anda hanya memerlukan tiga lapis kain, karet gelang, jarum dan benang, gunting, dan kawat tipis jika diperlukan.

Buatlah pola pada masing-masing kain mengikuti bentuk masker yang Anda inginkan, jahit ke dalam kawat tipis pada bagian atas masker, jahit bersama semua bagian atas dan bawah kain. Gunting karet gelang lalu jahit tiap-tiap ujung pada sisi masker membentuk pengait masker, dan selesai.

Anda juga dapat berkreasi dengan masker kain yang kamu miliki dengan menambahkan ornamen atau bordir pada pinggir masker, tidak perlu banyak-banyak ya, jangan sampai masker kain kamu kehilangan fungsinya sebagai perlindungan.

Selain masker, ingat untuk selalu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan antiseptik dengan kadar alkohol minimal 70 persen. Jaga juga kesehatan, terlebih lagi jika kamu termasuk pekerja di sektor esensial dan kritikal. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya GAYA HIDUP

To Top