Lagi, TNI-Polri Gelar Patroli Penegakan PPKM di Kota Kefamenanu | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lagi, TNI-Polri Gelar Patroli Penegakan PPKM di Kota Kefamenanu


TEGAKAN PROKES. Tim gabungan dari TNI-POLRI saat menggelar patroli penegakan PPKM Mikro di Kota Kefamenanu, Rabu (7/7). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Lagi, TNI-Polri Gelar Patroli Penegakan PPKM di Kota Kefamenanu


Cegah Penyebaran Covid-19 di TTU

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Tim gabungan dari Kodim 1618/TTU dan Kepolisian Resort Timor Tengah Utara (Polres TTU) rutin menggelar patroli penegakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kota Kefamenanu.

Patroli PPKM mikro ini digelar sejak munculnya Covid-19 di Indonesia khususnya di Kabupaten TTU. Namun, sejak adanya peningkatan kasus Covid-19 secara signifikan, aparat TNI-Polri semakin memperketat pengawasan dan melakukan patroli di setiap fasilitas umum dan area publik lainnya.

Pantauan langsung TIMEX, Rabu (7/7) malam, patroli penegakan PPKM yang dilakukan oleh TNI-Polri di Kota Kefamenanu itu juga dibarengi dengan kegiatan pembagian masker secara gratis. Sementara untuk warga pria remaja yang tidak menggunakan masker diberikan sanksi berupa push up demi memberikan efek jera bagi mereka yang tidak taat prokes.

Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas kepada TIMEX, Rabu (7/7) mengatakan, patroli gabungan tersebut dilaksanakan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 di TTU.

Dikatakan, kegiatan patroli gabungan itu diawali dengan apel kesiapan personel baik itu dari TNI maupun Polri yang akan terlibat untuk mememantau PPKM di Kota Kefamenanu.

“Dalam dua pekan terakhir ini kasus Covid-19 meningkat secara signifikan menjadi 72 Kasus. Untuk itu tugas kita mencegah agar kasus Covid-19 ini makin menurun bahkan diharapkan bisa hilang,” ungkapnya.

BACA JUGA: Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Gabungan Patroli PPKM di Kefamenanu

Nelson menjelaskan, tugas aparat dalam pelaksanaan patroli adalah memberikan imbauan secara humanis kepada masyarakat yang masih membuka toko/kios atau tempat makan agar segera ditutup sebagaimana Intruksi Bupati No 4 tahun 2021 dengan tujuan agar dapat meminimalisir dan mencegah penularan Covid-19 di Bumi Biinmafo.

Adapum jumlah personel yang terlibat dalam patroli gabungan tersebut, yakni 10 prajurit Satuan Kodim 1618/TTU dan 30 orang aparat Polres TTU.

Untuk lokasi sasaran, lanjut Nelson, patroli gabungan tersebut menyasar Pasar Lama, Terminal Kota Kefamenanu, Pasar Baru Kota Kefamenanu, Km 7 jurusan Kupang, serta pertokoan, rumah makan, dan juga pusat keramaian lainnya.

“Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan. TNI-Polri sudah komitmen untuk melaksanakan patroli gabungan secara rutin setiap hari di seluruh wilayah Kabupaten TTU,” pungkasnya.

Sementara, Dandim 1618/TTU Letkol Arm Roni Junaidi, mengatakan, pihaknya bersama Polres TTU melaksanakan patroli PPKM berskala mikro dengan memberikan imbauan kepada masyarakat seputar penegakan disiplin prokes Covid-19 dan vaksinasi Covid-19.

Selain itu, aparat juga tidak segan-segan membubarkan kerumunan masyarakat yang berjumlah lebih dari 3 orang dan menyampaikan pambatasan waktu jam malam. Misalnya untuk aktifitas pertokoan dan rumah makan serta keramaian lainnya sudah harus tutup pada pukul 22.15 Wita.

“Kita berharap patroli PPKM dapat menjadi salah satu solusi menekan angka penularan Covid-19 di Kabupaten TTU sehingga dapat memberikan efek jerah bagi masyarakat yang tidak taat prokes,” katanya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top