Status Tuan Rumah Untungkan Inggris, Sejarah Untungkan Italia | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Status Tuan Rumah Untungkan Inggris, Sejarah Untungkan Italia


Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma menyelamatkan tendangan penalti Alvaro Morata pada semifinal Euro 2020. (FOTO: Matt Dunham/POOL/AFP/JPC)

SPORT

Status Tuan Rumah Untungkan Inggris, Sejarah Untungkan Italia


LONDON, TIMEXKUPANG.com-Jika Inggris diuntungkan dengan status tuan rumah pada final dini hari nanti (12/7), maka Italia diuntungkan sejarah. Sebab, 11 Juli waktu setempat bertepatan dengan momen Gli Azzurri menjuarai Piala Dunia 1982 yang dihelat di Spanyol.

’’Mungkin itu (Kesamaan tanggal, Red) pertanda baik. Aku yakin Gigio (Gianluigi Donnarumma, Red) akan memberi Italia kado peringatan 11 Juli yang hebat. Dia baru 22 tahun, tetapi permainannya sangat matang. Bak veteran,’’ ucap kiper Italia ketika juara Piala Dunia 1982 Dino Zoff seperti JawaPos.com lansir dari TUTTOmercatoWEB.

Prediksi Il Monumento –julukan Zoff– tidak berlebihan. Donnarumma memang moncer pada Euro kali ini. Dari enam laga, gawang jebolan akademi AC Milan itu hanya kebobolan tiga kali.

Itu belum termasuk keberhasilannya menggagalkan eksekusi penalti striker Spanyol Alvaro Morata pada babak tos-tosan semifinal (7/7).

Jika dibandingkan dengan kiper Inggris Jordan Pickford, beberapa poin statistik Donnarumma juga lebih baik. Salah satunya, penyelamatan yang dilakukan di kotak penalti.

BACA JUGA: Final UEFA EURO 2020 Momentum Chiello

Donnarumma mencatatkan lima kali penyelamatan. Sebaliknya, Pickford dengan satu penyelamatan lebih sedikit dari jumlah laga yang sama.

Ada satu lagi benefit bagi Donnarumma jika membawa Italia juara dini hari nanti selain tradisi tanggal 11 Juli. Yakni, Donnarumma akan tercatat sebagai kiper termuda yang memenangi Euro 2020. Usia Donnarumma dini hari nanti adalah 22 tahun 4 bulan 17 hari.

Kebetulan, pada Piala Dunia 1982, Zoff juga mencatatkan rekor untuk kategori usia kiper. Bedanya, dia tercatat sebagai penjaga gawang tertua yang pernah memenangi Piala Dunia. Kala itu, Zoff berusia 40 tahun 4 bulan 13 hari.

Meski terbilang sangat muda, ternyata usia Donnarumma belum cukup untuk menjadikannya sebagai kiper termuda yang memenangi Euro. Sebab, ada kiper Spanyol Jose Angel Iribar yang membantu La Furia Roja kampiun edisi 1964. Kala itu, usia Iribar adalah 21 tahun 3 bulan 20 hari. (io/c7/bas/JPC/JPG)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya SPORT

To Top