Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Keamanan Gabungan Operasi Rutin | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Keamanan Gabungan Operasi Rutin


SOSIALISASI PPKM. Anggota gabungan sedang melakukan operasi penerapan prokes dan sosialisasi PPKM di rumah makan di seputaran Kota Atambua, Sabtu (10/7) malam lalu. (FOTO: Istimewa)

KABAR FLOBAMORATA

Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Keamanan Gabungan Operasi Rutin


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Tim keamanan gabungan Polres Belu, TNI, dan Sat Pol PP Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu menggelar operasi rutin di sejumlah pusat keramaian dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang mulai melonjak.

Sejumlah lokasi yang menjadi sasaran operasi adalah lapangan umum, simpang lima, pertokoan, pasar tempat hiburan, rumah makan, dan penginapan. Petugas gabungan mengecek penerapan protokol kesehatan diantaranya penyediaan thermo gun, tempat cuci tangan, aturan menjaga jarak serta kewajiban memakai masker.

Tidak hanya itu, aparat gabungan patroli malam juga membubarkan kerumunan di beberapa titik dan melakukan penertiban penggunaan masker bagi pengendara dan masyarakat yang melintas di jalan raya.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh mengatakan, patroli gabungan ini menjadi kegiatan rutin yang bertujuan memberi pemahaman kepada masyarakat tentang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). “Langkah ini dilakukan guna mencegah sekaligus memutus rantai penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Belu,” kata AKBP Khairul saat diwawancarai Senin (12/7).

Dikatakan, Belu merupakan kabupaten di wilayah perbatasan negara yang angka penularan Covid-19 terus melonjak beberapa hari terakhir ini. Karena itu, lanjutnya, demi mencegah penyebaran virus mematikan ini, tim keamanan gabungan bersinergi dan bergerak bersama mengampanyekan kepatuhan penerapan protokol kesehatan sekaligus sosialisasi PPKM kepada masyarakat.

Menurut AKBP Khairul, sosialisasi PPKM juga menyasar para pelaku usaha. Mereka diminta untuk menaati upaya mencegah Covid-19. Seperti cafe maupun warung tetap diizinkan beroperasi namun dibatasi jam operasionalnya. Jumlah pengunjung yang makan ditempat dibatasi, dan tetap menerapkan prokes secara ketat.

“Kita ingatkan masyarakat agar selalu memakai masker dan jaga jarak. Yang berkerumun kita imbau dan bubarkan seperti di pasar, lapangan umum, dan emperan toko. Kita juga melakukan edukasi sesuai instruksi pemerintah dengan melakukan pendisiplinan protokol kesehatan terkait Covid-19 khususnya pada masa PPKM ini,” jelas AKBP Khairul.

Untuk diketahui, aparat gabungan Polres Belu, Kodim 1605/Belu, dan Sat Pol PP menggelar operasi penertiban di seputaran Kota Atambua. Seperti yang dilakukan pada Sabtu (10/7) malam. Sebelum turun lapangan, anggota patroli gabungan ini mengawali dengan apel bersama di Lapangan Mapolres Belu.

Usai apel bersama, Tim Patroli gabungan bergerak menyisir tempat yang ramai yang sering menjadi lokasi kerumunan warga seperti lapangan umum simpang lima, pusat perbelanjaan, tempat hiburan/cafe serta juga sejumlah rumah makan yang tersebar di wilayah Kota Atambua. (mg33)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top