Sambut Women Care Day, Satlantas Polres Manggarai Layani Pembuatan SIM Khusus Perempuan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Sambut Women Care Day, Satlantas Polres Manggarai Layani Pembuatan SIM Khusus Perempuan


Kanit SIM Polres Manggarai, Oja saat memberi pelayanan pembuatan SIM kepada seorang perempuan di daerah itu. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Sambut Women Care Day, Satlantas Polres Manggarai Layani Pembuatan SIM Khusus Perempuan


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Menyambut Women Care Day, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Manggarai, buat terobosan kreatif dengan memberikan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara khusus untuk perempuan. Program yang dibuat setiap Jumat ini disambut antusias oleh kaum hawa di wilayah itu.

“Hari Jumat itu, pelayanan SIM khusus bagi perempuan. Ini merupakan tindak lanjut program Women Care Day yang dicanangkan Kapolda NTT, Irjen Lotharia Latif pada Desember 2020 lalu,” jelas Kasat Lantas Polres Manggarai, AKP I Made Juni Artawan, SIK., MH, Senin (12/7).

Menurutnya, Women Care Day merupakan bentuk kepedulian polisi, terutama Satlantas terhadap kaum perempuan yang rentan kekerasan dan perlakuan diskriminasi. Tujuanya, untuk lebih peduli terhadap kaum wanita dalam pembuatan SIM. Karena terkadang kaum wanita merasa takut atau kesusahan dalam pembuatan SIM.

“Dengan adanya kegiatan Women Care Day ini, kami berharap dapat mengurangi rasa takut dan kesusahan dari kaum wanita dalam pembuatan SIM di Satlantas Polres Manggarai,” jelasnya.

Artawan menyebutkan, untuk di Polres Manggarai, kegiatan pelayanan SIM khusus kepada perempuan sudah dijalankan sejak beberapa waktu lalu. Namun baru mulai resmi pada Jumat 9 Juli 2021. Selanjutnya, pihaknya terus jadwalkan setiap hari Jumat sebagai hari khusus pelayanan SIM bagi perempuan.

Meski memberlakukan hari khusus, kata Artawan, unit SIM tidak menutup pelayanan bagi perempuan pada hari lainnya. Demikian pula jika ada laki-laki yang hendak mengajukan permohonan SIM pada hari Jumat, maka tetap dilayani. “Namun tetap mengutamakan pelayanan bagi kaum perempuan,” ucapnya.

Menurut Artawan, pada hari pertama atau saat pembukaan Women Care Day, tercatat 23 orang perempuan yang mengajukan permohonan pembuatan SIM. Jumlah tersebut terbilang banyak atau cukup antusias. Hal itu jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya yang didominasi kaum laki-laki.

“Program ini tidak dibatasi jumlahnya. Hanya kali ini Polda NTT meminta agar dijadwalkan satu hari khusus untuk pelyanan SIM kepada perempuan. Sehingga kami di Polres Manggarai ambil hari Jumat dalam satu minggu untuk pelayanan SIM khusus perempuan,” ujarnya.

AKP Artawan menambahkan, pelayanan SIM di Satlantas Polres Manggarai terus berjalan selama masa pandemi Covid-19. Untuk mencegah atau memutus rantai penyebaran virus korona, petugas selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu Satlantas juga selalu turun ke jalan untuk memberikan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Harapan kami, semoga dengan program ini, kaum perempuan dapat dihumaniskan oleh laki -laki. Juga dapat menjaga harkat dan martabat perempuan,” pungkasnya. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top