Angka Covid-19 di TTU Terus Meningkat, Sudah 154 Kasus, 14 Meninggal | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Angka Covid-19 di TTU Terus Meningkat, Sudah 154 Kasus, 14 Meninggal


PEMAKAMAN. Tim pengusung jenazah Satgas Covid-19 TTU saat melakukan pemakaman terhadap jasad Kasimirus Ulu, warga Desa Faenake, Kecamatan Bikomi Selatan di TPU Bijaelsunan, TTU, Jumat (9/7). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Angka Covid-19 di TTU Terus Meningkat, Sudah 154 Kasus, 14 Meninggal


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) meningkat secara signifikan. Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 TTU mencatat penambahan jumlah terkonfirmasi positif korona di wilayah itu sebanyak 154 kasus.

Peningkatan kasus yang sangat signifikan dalam dua pekan terakhir ini didominasi oleh pelaku perjalanan dan transmisi lokal. Dari jumlah kasus tersebut, sudah 14 pasien positif Covid-19 meninggal dunia.

“Data yang dihimpun per tanggal 16 Juli 2021, tercatat ada 154 kasus positif Covid-19 dan yang meninggal sudah 14 orang,” ungkap Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat kepada TIMEX, Jumat (16/7).

Kristoforus merinci, puluhan kasus Covid-19 itu paling banyak berasal dari wilayah ini, yakni:

1. Puskesmas Sasu dengan jumlah 58 kasus
2. Puskesmas Napan (18 kasus)
3. Puskesmas Tublopo (17 kasus)
4. Puskesmas Maubesi (13 kasus)
5. Puskesmas Manufui (6 kasus)
6. Puskesmas Nunpene (6 kasus)
7. Puskesmas Eban (5 kasus)
8. Puskesmas Wini (4 kasus)
9. Puskesmas Oeolo (3 kasus)
10. Puskesmas Bijaepasu (2 kasus)
11. Puskesmas Tamis (2 kasus)
12. Puskesmas Noemuti (1 kasus)
13. Puskesmas Nimasi (1 kasus).

Sementara untuk Puskesmas yang wilayah pelayanannya masih zona hijau diantaranya, Puskesmas Ponu, Kaubele, Manumean, Lurasik, Oelolok, Mamsena, Haekto, Oemeu, Manamas, Bitefa, Inbate, dan Tasinifu.

BACA JUGA: Tambah 127 Kasus Positif Covid-19 di TTU, Paling Banyak Pelaku Perjalanan

Dengan tambahan kasus baru itu, sejak Covid-19 merebak di TTU, hingga kini terdata 374 kasus positif korona. Dari ratusan kasus positif Covid-19 itu, sebanyak 211 pasien sembuh dan 9 meninggal. Kasus suspek, kontak erat dan probable yang meninggal dunia sebanyak 5 pasien.

“Semua pasien Covid-19 saat ini menjalani karantina terpusat di RSD Rusunawa, RSD Asrama BLK, RSD LBK, dan RS Leona Kefamenanu. Semua pasien menjalani perawatan medis terpusat sehingga memudahkan tim medis untuk melakukan pengontrolan dan pengawasan,” jelasnya.

Atas peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan tersebut, lanjut Kristo, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk taat akan penerapan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Menurut Kristo, saat ini banyak terjadi pengumpulan massa di sejumlah tempat vaksinasi Covid-19 karena antrean untuk bisa mendapatkan vaksin. Karena itu, tim medis yang melakukan vaksinasi juga diharapkan tetap memperhatikan prokes saat pelaksanaan vaksinasi berlangsung.

“Kasus Covid-19 ini kan masalah bersama yang harus diatasi pula secara bersama-sama dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik, sehingga bisa terhindar dari Covid-19,” harapnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top