Pemkot Sumbang 20 Ekor Sapi, Rayakan Idul Adha dengan Prokes Ketat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkot Sumbang 20 Ekor Sapi, Rayakan Idul Adha dengan Prokes Ketat


Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pemkot Sumbang 20 Ekor Sapi, Rayakan Idul Adha dengan Prokes Ketat


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah telah mengeluarkan imbauan bahwa pelaksanaan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pasalnya kasus positif Covid-19 harian secara nasional terus meningkat. Termasuk di wilayah Kota Kupang.

Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang mengambil sejumlah kebijakan agar warga Kota Kupang tetap tertib merayakan hari raya Idul Adha.

Wakil Wali (Wawali) Kota Kupang, dr. Herman Man mengatakan, dasar yang dipakai terkait pelaksanaan Idul Adha 1442H adalah Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2021, tentang petunjuk teknis penyelenggaraan malam takbiran, salat Idul Adha dan penanganan hewan kurban.

Menurut Herman Man, saat ini Kota Kupang masuk dalam zona merah dan orange. Karena itu, Pemkot Kupang mengambil beberapa kebijakan terkait dengan perayaan Idul Adha. Untuk pelaksanaan malam takbiran pada 19 Juli itu, diperbolehkan untuk melakukan takbiran secara terbatas. “Dan itu pun tidak boleh melebihi 10 orang dan tidak diperkenankan untuk melakukan takbiran keliling,” tegas Herman Man saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (15/7).

Sejauh ini, kata Herman Man, untuk salat Idul Adha secara berjamaah ditiadakan. Namun kalau ada ketentuan lebih lanjut dari Pemerintah pusat, maka Pemkot Kupang akan menyesuaikan. “Ya tapi untuk sementara tidak ada kelonggaran yang diberikan. Pembagian dan pembantaian hewan juga dibatasi, hanya diberikan waktu selama tiga hari, tetapi bisa diizinkan sampai empat hari dan dilakukan di halaman masjid karena memang masjid yang mempunyai halaman cukup luas untuk melakukan pembantaian hewan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Kupang, Jhoni Bire mengaku, untuk perayaan Idul Adha tahun 2021 ini, Pemkot Kupang menyumbang 20 ekor sapi yang akan dibagi ke beberapa masjid di Kota Kupang.

“Pelaksanaan penyerahan hewan qurban ini akan dilakukan secara simbolis sama seperti tahun sebelumnya, yaitu Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Sekda, dan para asisten dan pejabat di yang ada di kota, akan dibagi ke semua masjid yang mendapatkan hewan kurban, untuk diserahkan kepada pihak masjid secara simbolis,” ujarnya.

Jhoni mengaku, kegiatan penyerahan secara simbolis juga dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dengan rundown acara yang tidak panjang atau lama.

Jhoni menyebutkan, anggaran untuk pengadaan 20 ekor sapi ini senilai Rp 200 juta, dengan sumber anggaran yang ada di Bagian Kesra Setda Kota Kupang. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top