Lantamal VII Kupang Gelar Vaksinasi di GMIT Paulus, Pdt. Neti: Bagian dari Tanggung Jawa Gereja | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lantamal VII Kupang Gelar Vaksinasi di GMIT Paulus, Pdt. Neti: Bagian dari Tanggung Jawa Gereja


ANTRE VAKSIN. Tampak warga sementara mengantri menerima vaksin yang digelar TNI AL Lantamal VII Kupang kerja sama dengan Majelis GMIT Jemaat Paulus, di aula GMIT Paulus, Sabtu (17/7). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Lantamal VII Kupang Gelar Vaksinasi di GMIT Paulus, Pdt. Neti: Bagian dari Tanggung Jawa Gereja


KUPANG,TIMEXKUPANG.com-Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang menggandeng tokoh agama menggelar kegiatan vaksinasi massal yang berpusat di aula GMIT Paulus, Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang.

Vaksin yang diberikan kepada warga adalah jenis Sinovac dengan target vaksinasi hingga 350 orang. Pelaksanaan kegiatan itu dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Warga yang datang pun diatur per gelombang sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Gelombang pertama sebanyak 50 orang dan seterusnya hingga selesai target.

Danlantamal VII Kupang, Laksamana Pertama TNI IG Kompiang Aribawa, ketika ditemui media ini dilokasi kegiatan, Sabtu (17/7) menjelaskan, kegiatan ini merupakan serbuan vaksinasi massal masyarakat maritim yang digelar TNI AL Lantamal VII Kupang.

Menurut Kompiang, animo masyarakat untuk vaksin sangat tinggi. “Permintaan masyarakat untuk vaksin ke Lantamal VII Kupang sampai saat ini masih terus mengalir,” ungkapnya.

Jenderal bintang satu di jajaran TNI AL ini menambahkan bahwa vaksinasi ini adalah kewajiban bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena itu, TNI AL Lantamal VII Kupang berkewajiban mendukung dan menyukseskan program vaksinasi ini.

Kegiatan vaksinasi pada akhir pekan lalu itu merupakan pelaksanaan titik ke-16. Jumlah keseluruhan warga yang telah divaksin sebanyak 12.400 orang.

“Tidak ada batas waktu. Selama stok vaksin masih ada, maka vaksinasi terus berjalan kontinu. Tujuannya masyarakat kabupaten/kota dapat menerima vaksin,” ungkapnya.

Pdt. Neti Fanggidae-Nunuhitu, selaku Pelayan Jemaat GMIT Paulus, menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini sudah dilaksanakan kali ketiga sejak Juni 2021. Vaksinasi pertama, majelis Jemaat GMIT Paulus bekerjasama dengan Puskesmas Oepoi pada 30 Juni.

Vaksinasi kedua, bekerjasama dengan Puskesmas Sikumana dan vaksinasi ketiga bekerjasama dengan TNI AL Lantamal VII Kupang.

Dirinya mengaku sangat bersyukur dengan adanya vaksinasi dari TNI AL Lantamal VII Kupang yang telah membantu masyarakat menerima vaksinasi. “Vaksinasi kepada jemaat ini merupakan bagian dari tanggung jawab gereja,” kata Pdt. Neti.

Menurutnya, vaksinasi ini adalah satu cara terhindar dari wabah Covid-19. Dan vaksinasi ini bukan hanya diperuntukkan bagi jemaat GMIT Paulus saja, melainkan warga sekitar di sekitar gereja.

Warga yang ingin terima vaksin ini, telah didata dua minggu sebelum divaksin. Proses pendataan dilakukan secara online, melalui link yang dibagikan. Selain itu, ada juga pendaftaran melalui via telepon ke nomor panitia.

Pada H-1 kegiatan vaksinasi, kata Pdt. Neti, pihak panitia menghubungi lagi via telepon guna memastikan yang bersangkutan siap menerima vaksin. “Jadi, warga yang datang ini sudah masuk dalam pendataan. Yang tidak masuk dalam daftar penerima vaksin, panitia menyampaikan permohonan maaf dan menyampaikan yang bersangkutan untuk kembali,” katanya.

Proses penerimaan vaksin juga diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi kerumunan. Metode yang dipakai yakni diatur pergelombang dengan jumlah 50 orang. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top