Rote Ndao Berdoa untuk Indonesia, Berharap Atasi Pandemi Secara Bersama | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Rote Ndao Berdoa untuk Indonesia, Berharap Atasi Pandemi Secara Bersama


Ketua Sekretariat Satgas Covid-19 Rote Ndao, Jonas M. Selly. (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Rote Ndao Berdoa untuk Indonesia, Berharap Atasi Pandemi Secara Bersama


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Rote Ndao, Minggu (18/7), menyelenggarakan kebaktian bersama untuk mendoakan bangsa Indonesia. Doa bersama itu dilakukan secara virtual, dan disiarkan secara langsung.

Kebaktian raya itu dimulai pada pukul 10.00 Wita, dan ditayang melalui chanel YouTube Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao, dan juga akun facebook Humas Pemkab Rote Ndao. Siaran langsung ini dimaksudkan supaya setiap warga dapat mengikuti dari rumah masing-masing.

Sebelumnya, pada Jumat (9/7) lalu, telah digelar doa bersama para tokoh lintas agama yang dipusatkan di kantor Bupati. Selanjutnya, melalui edaran Bupati Rote Ndao, masyarakat juga diimbau untuk melaksanakan doa puasa selama sepekan, dimulai Kamis (14/7) hingga Kamis (22/7).

Langkah ini ditempuh pemerintah untuk memohon campur tangan Tuhan atas situasi pandemi Covid-19 yang terus mengancam dan makin mengkhawatirkan. Khusus di Kabupaten Rote Ndao, hingga Sabtu (17/7) tercatat sebanyak 404 kasus aktif.

“Semua orang beriman tentu pahami hal ini. Bahwa apapun yang dilakukan dengan tidak didasari doa, maka pasti sia-sia,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Rote Ndao, Jonas M. Selly, kepada TIMEX melalui pesan WhatsApp, Minggu (18/7).

“Khusus umat Kristen, kami (pemerintah) gelar secara virtual. Tidak membatasi masyarakat lainnya untuk mengikuti, karena melalui tanyangan langsung,” tambahnya.

Sedangkan terhadap upaya penanganya, Jonas, yang juga Ketua Sekretariat Satgas Covid-19 Rote Ndao mengatakan, pihaknya terus memperbaharui perkembangan kasus yang terjadi setiap hari dalam masa pandemi ini. Informasi tersebut, ditampilkan di laman https://rotendaokab.go.id/covid-19.

Walau ada penambahan jumlah kasus positif, tetapi hingga kini, pemerintah melalui Satgas masih terus berusaha menekan dan memutus mata rantai penularanya. Diantaranya, dengan meniadakan acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang.

“Sekarang acara pemberkatan di gereja atau ijab kabul di masjid, untuk sementara tidak diizinkan. Ini karena situasi dan keadaan yang harus direspon serius,” kata Jonas.

BACA JUGA: Angka Positif Covid Terus Menanjak, Bupati Paulina Imbau Warga Doa Puasa

Jonas mengatakan, sebelumnya acara tersebut (pemberkatan/ijab kabul) masih diizinkan untuk dilaksanakan dengan sejumlah pembatasan. Yang tidak dizinkan, kata Jonas, hanya acara yang sering dilakukan setelah dilangsungkan pemberkatan, seperti syukuran keluarga atau resepsi pernikahan.

Jonas menjelaskan, peniadakan acara tersebut demi mencegah terjadinya penularan, melalui klaster permberkatan/ijab kabul. Sehingga hal tersebut, sebutnya, sudah mulai diberlakukan.

“Bukan dilarang, hanya dihentikan sementara, karena situasi ini. Tujuanya hanya untuk mencegah penularan dari klaster itu. Karena saat ini kasusnya terus bertambah,” kata Jonas.

“Sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 14 Juli, melalui instruksi Bupati Nomor 673 tahun 2021. Intrusksi ini adalah perubahan kedua dari sebelumnya, yang menyikapi laju penyebaran Covid-19 di Rote Ndao saat ini. Begitu juga pelayanan maupun kebaktian di gereja, kembali dilakukan dari rumah,” tambahnya.

Terhadap tindakan penanganan yang dilakukan, kepada pasien yang menjalani perawatan, beberapa diantaranya akhirnya pulih dari paparan virus berbahaya itu. Jumlahnya mencapai 74 orang, atau sekitar 10 orang yang sembuh setiap hari dalam sepekan terakhir, yakni Sabtu (10/7) hingga Sabtu (17/7).

“Setiap hari, ada yang sembuh. Dalam minggu ini, tercatat sejumlah pasien yang sembuh setelah dirawat. Sehingga kami berharap, masyarakat bisa mematuhi dan menjalankan protokol yang disampaikan pemerintah agar pandemi ini bisa diatasi secara bersama-sama,” kata Jonas. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top