Masyarakat Disuruh Taat Prokes dan PPKM, Wakil Rakyat Joget Asyik Sambil Miras di Rumah Rakyat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Masyarakat Disuruh Taat Prokes dan PPKM, Wakil Rakyat Joget Asyik Sambil Miras di Rumah Rakyat


JANGAN TIRU. Potongan video anggota DPRD Malaka nampak berjoget dalam rangka memeriahkan HUT salah satu legislator, Jemianus Koe. Tampak salah satu wakil rakyat (kanan) memegang botol diduga isinya minuman beralkohol. (FOTO: ISTIMEWA/Sosmed)

POLITIK

Masyarakat Disuruh Taat Prokes dan PPKM, Wakil Rakyat Joget Asyik Sambil Miras di Rumah Rakyat


IMMALA Malang dan Kupang Kecam Perilaku Anggota DPRD Malaka di Kantor

BETUN, TIMEXKUPANG.com-Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak dalam setiap kesempatan bersama rakyat selalu mengimbau masyarakat agar taat pada penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Bahkan pada Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, masyarakat diminta untuk tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan, tidak menggelar pesta, bahkan ibadah pun dibatasi atau ditiadakan.

Namun pemandangan berbeda terjadi di Gedung DPRD Kabupaten Malaka. Gedung yang dihuni para wakil rakyat untuk membahas nasib rakyat itu pada Senin (12/7) lalu berubah menjadi arena dansa sejumlah wakil rakyat. Bahkan arena minum minuman beralkohol. Dari video yang beredar luas di sosial media (Sosmed) tampak beberapa anggota dewan baik laki-laki dan perempuan asyik bergoyang ria. Bahkan ada yang tanpa masker dan tak menjaga jarak.

Pemandangan ini terjadi usai pembukaan sidang pertanggungjawaban pelaksanaan Angaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020. Apa yang dipertontonkan para wakil rakyat ini tidak mencerminkan keteladanan sebagai seorang legislator yang peduli pada krisis (sense of crisis) akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Bahkan terkesan melukai hati rakyat yang kini dipaksa membatasi aktifitas demi mencegah penyebaran virus korona ini.

Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Asal Malaka (IMMALA) Malang, Melkianus S. Ati merupakan salah satu warga yang menyayangkan sikap para wakil rakyat dalam video yang beredar dengan pakaian dinas harian (PDH) sambil bergoyang memegang gelas berisi minuman beralkohol di area gedung DPRD setempat.

“Kita ketahui bersama bahwa pemerintah Indonesia sedang mengeluarkan kebijakan PPKM darurat di pulau Jawa dan Bali. Untuk itu kami mengecam tindakan beberapa oknum anggota DPRD yang melakukan pesta ria di tengah situasi pandemi ini. Apalagi tindakan itu dilakukan di kantor DPRD Malaka pada saat jam kerja. Rakyat dibatasi untuk berkerumun dan mengurangi kegiatan sosialnya, sedangkan wakil rakyat kita sendiri tidak menaati peraturan itu,” sesal Melkianus.

Kecaman yang sama juga disampaikan Ketua IMMALA Kupang, Yosep Tuna. Ia menyayangkan tindakan beberapa oknum anggota DPRD Malaka yang tidak peduli dengan nasib rakyat yang dibatasi untuk tidak melakukan berbagai aktifitas, tapi yang dipertontonkan para wakil rakyat di gedung dewan sangatlah miris.

“Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka mengeluarkan imbauan agar segala macam kegiatan yang mengumpulkan banyak orang sementara dihentikan, seperti pesta nikah, ultah, bahkan ibadah hari Minggu pun ditiadakan sementara. Ironisnya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat sendiri yang melakukan dan melanggar aturan itu,” tegas Yosep Tuna dalam keterangan tertulis yang diterima TIMEX, Selasa (20/7).

Sebagaimana diketahui, sebuah video yang memperlihatkan sejumlah anggota DPRD Malaka menggelar pesta ria di tengah pandemi Covid-19 viral di sosmed. Video sedang viral itu kini menjadi bahan perbincangan masyarakat. Sejumlah warga, khususnya IMMALA melontarkan kritik tajam atas apa yang terjadi dalam video itu.

BACA JUGA: Kunjungi Desa Oekmurak, Bupati Malaka Ingatkan Warga Jaga Kesehatan dan Kerja Keras

BACA JUGA: Bupati Malaka Perintahkan Batasi Aktivitas Warga Demi Cegah Covid-19

Tampak dalam video yang beredar itu anggota DPRD seperti Maria Fatima Kain, Bernadette Luruk, Raimundus Seran Klau. Yang tampak bergoyang sambil minum Hendri Melki Simu, Ignasius Fahik, Jemianus Koe, dan yang menyumbangkan suara emasnya dengan tembang lawas ada Ronaldo A. Suri dan Frederikus Seran. Tiga diantara yang tampak dalam video tersebut merupakan politikus Partai Golkar, yakni Jemianus Koe, Raimundus Seran Klau, dan Hendrik Melki Simu.

Yosep Tuna membeberkan bahwa berdasarkan data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pertanggal 19 Juli 2021, kasus Covid-19 terus melonjak. Bahkan kasus positif sudah mencapai 2.911.733, dan ini merupakan situasi rumit yang mengharuskan semua pihak ikut terlibat untuk selesaikan persoalan ini.

Khusus di Kabupaten Malaka, data terakhir angka Covid-19 sudah mencapai 168 kasus. 78 kasus diantaranya berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan bergejala 90 orang. Sementara yang meninggal dunia mencapai 10 orang.

Yosep Tuna mengatakan bahwa anggota DPRD Malaka tidak memiliki sense of crisis. Disaat pandemi seperti ini, masyarakat membutuhkan kepekaan dari pejabat publik apalagi mereka yang notabene perpanjangan tangan dari rakyat Malaka mestinya peduli terhadap dampak krisis yang dirasakan oleh masyarakat saat ini.

Karena itu, kata Yosep, IMMALA Kupang meminta Polres Malaka untuk segera memanggil dan memeriksa oknum-oknum DPRD Malaka yang terdapat dalam video tersebut untuk dimintai keterangan dan klarifikasi. Pasalnya IMMALA Kupang menilai tindakan ini melanggar UU No. 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan Masyarakat khususnya pada pasal 93 dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan atau pidana denda Rp 100.000.000.

“Apabila Polres Malaka tindak menindaklanjuti permintaan ini, maka IMMALA Kupang akan segera melaporkan kejadian ini ke Polda Nusa Tenggara Timur (NTT),” tandas Yosep.

Sementara itu, Jemianus Koe yang dikonfirmasi terpisah mengaku acara itu bertepatan dengan momen dirinya berulang tahun.

Jemianus mengatakan bahwa itu hanya sekadar merayakan ulang tahun usai pembukaan sidang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020. “Kita melepas penat dan merayakan ultah keci-kecilan dengan sesama anggota DPRD saja,” ungkap anggota Fraksi Golkar DPRD Malaka ini. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top