TMMD di Kabupaten Kupang Over Prestasi, Danrem Jatmiko: Pelihara dan Rawat Hasilnya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

TMMD di Kabupaten Kupang Over Prestasi, Danrem Jatmiko: Pelihara dan Rawat Hasilnya


PENUTUPAN TMMD. Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, saat memberikan sambutan dalam acara penutupan TMMD ke-111 di Kantor Bupati Kupang, Rabu (14/7). (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

TMMD di Kabupaten Kupang Over Prestasi, Danrem Jatmiko: Pelihara dan Rawat Hasilnya


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021 di wilayah Kodim 1604/Kupang resmi berakhir. Program pekerjaan fisik dan nonfisik yang berpusat di Desa Nekamese dan Desa Sahraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang berlangsung sejak 15 Juni – 14 Juli berjalan 100 persen. Bahkan ada pekerjaan yang over kapasitas.

Berdasarkan data yang diperoleh TIMEX, TMMD ke-111 di dua desa itu bisa berjalan sukses karena semangat gotong-royong antara prajurit TNI bersama unsur terkait dan masyarakat setempat. Sasaran fisik yang berhasil dibangun diantaranya, pembangunan tiga ruang kelas SMP Kristen 1 berukuran 8,75m x 24m dengan progres 100 persen.

Selain itu, pembangunan satu ruang guru SMP Kristen 1 berukuran 8,75m x 8m. Hasilnya juga tuntas 100 persen. Rehabilitasi Kapela ST. Benediktus Sahraen berukuran 10m x 6m dengan hasil 100 persen. Rehab Gereja Imanuel Sahraen ukuran 16m x 8m juga tuntas 100 persen, dan rehab rumah Pastori Bonamhonis, berukuran 6m x 8m, hasilnya pun 100 persen tuntas.

Sementara sasaran tambahan atau over prestasi dalam kegiatan TMMD ini yakni, pembanguan dua unit MCK di SMP Kristen 1 Amarasi Selatan dan pembukaan lahan pertanian seluas 1 hektare.

Selain kegiatan fisik, program TMMD ke-111 ini juga sasarannya non fisik, meliputi penyuluhan tentang teknologi tepat guna. Kegiatan ini diikuti 100 orang peserta. Lalu penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dengan jumlah peserta 100 orang. Penyuluhan tentang kesadaran hukum, dan penyuluhan tentang rekrutmen prajurit TNI.

Ada juga kegiatan penyuluhan tentang pertanian, penyuluhan tentang bela negara, penyuluhan tentang peternakan, dan penyuluhan tentang pencegahan Covid-19. Selain itu, penyuluhan tentang penanganan stunting, penyuluhan tentang Posyandu dan Pos Bindu PTM, dan penyuluhan tentang penanganan bencana alam, yang diikuti peserta sebanyak 100 orang.

Personil yang terlibat dalam TMMD ini sebanyak 150 orang, terdiri dari prajurit TNI, Polri, dan unsur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang serta 100 orang warga masyarakat setempat.

Komandan Korem (Danrem) 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Legowo W.R Jatmiko, SIP., MM., saat penutupan TMMD di Kantor Bupati Kupang, Rabu (14/7) mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan wujud sinergi membangun negeri. Sesuai dengan tema TMMD kali ini, “Wujud Sinergi Membangun Negeri”.

“Saya mengajak mari kita pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-rakyat,” ungkap Danrem Jatmiko saat membacakan sambutan tertulis Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

Jatmiko mengatakan bahwa, TNI selalu siap hadir di tengah-tengah masyarakat membantu menyelesaikan permasalahan dan memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakatnya. “Kita tidak boleh mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan NKRI,” tegasnya.

Pangdam IX/Udayana, sebagaimana dikemukakan Danrem Jatmiko, mengajak seluruh elemen untuk melestarikan semangat gotong-royong sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang sudah terbina dengan baik selama ini.

“Mari kita pelihara hasil program TMMD ke-111, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang dan adakan perawatan yang baik bersama masyarakat secara mandiri/swadaya,” pintanya.

Pangdam IX/Udayana, demikian Danrem Jatmiko berharap semoga apa yang telah dibangun ini dapat membantu menumbuhkan semangat dan inovasi yang kuat dalam mewujudkan pembangunan di daerah.

“Saya mengharapkan masyarakat untuk ikut merasa memiliki dan peduli terhadap hasil-hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan TMMD kali ini. Pelihara dan rawat dengan baik sarana dan prasarana yang telah dibangun, sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama,” harapnya. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top