Terapkan Protokol Kesehatan, Sotis Hotel Kupang Pakai Standar CHSE | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Terapkan Protokol Kesehatan, Sotis Hotel Kupang Pakai Standar CHSE


SWAB PCR. Salah satu karyawati Sotis Hotel Kupang diambil sampel swab-nya oleh petugas medis ber-APD lengkap untuk test PCR. Hal ini dilakukan rutin manajemen hotel untuk memastikan seluruh karyawan sehat dalam melayani tamu. (FOTO: DOK. SOTIS HOTEL)

BISNIS

Terapkan Protokol Kesehatan, Sotis Hotel Kupang Pakai Standar CHSE


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pandemi Covid-19 memberi dampak bagi seluruh dunia sehingga banyak orang merasa terganggu dan tertekan. Penerapan pembatasan sosial, protokol kesehatan, serta adaptasi kebiasaan baru menjadi suatu hal yang harus dilakukan oleh setiap individu.

Hal tersebut memberi dampak bagi usaha perhotelan yang mengeluhkan rendahnya okupensi saat adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah. Meski demikian, manajemen Sotis Hotel Kupang tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik serta menjaga keamanan tamu di masa pandemi ini.

“Sotis Hotel Kupang terus berinovasi, beradaptasi, dan berupaya untuk memenuhi syarat protokol Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability (CHSE). Sotis Hotel berupaya untuk menerapkan protokol kesehatan demi keamanan dan kenyamanan tamu serta karyawan,” ungkap General Manager (GM) Sotis Hotel Kupang, Sari Sedhu kepada TIMEX dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/7).

Menurut Sari, terkait seputar protokol kesehatan, selain aspirasi dari industri perhotelan, salah satu insight yang didapatkan adalah mengenai protokol kesehatan 3M sehingga semua pihak bisa mematuhi protokol kesehatan yang berlaku demi kepentingan dan kenyamanan bersama.

Sari Sedhu mengemukakan bahwa pelayanan hotel secara baik dan benar harus tetap diterapkan dengan memperhatikan protokol kesehatan sehingga untuk beradaptasi di masa PPKM, pihak Sotis Hotel melakukan berbagai upaya. Diantaranya melakukan penyemprotan disinfektan lingkungan hotel secara teratur.

Kondisi kamar Sotis Hotel Kupang dengan view pantai setelah dilakukan pembersihan sesuai protokol kesehatan. (FOTO: DOK. SOTIS HOTEL)

“Misalnya pada hari Rabu, 7 Juli 2021, Sotis Hotel juga melakukan test polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 kepada setiap karyawan. Hal ini dilakukan secara rutin,” ungkap Sari.

Selain itu, lanjut Sari, penerapan protokol kesehatan diberlakukan bagi karyawan dan tamu dengan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki hotel. Petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap tamu dan juga karyawan hotel itu. Jika suhu tubuh melebihi 37,5°C, maka akan melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terlebih dahulu dan tidak diperbolehkan masuk.

“Pada saat melakukan check in, tamu wajib menggunakan masker serta melakukan social distancing dengan tamu lainnya bila terdapat tamu lain yang juga melakukan check in. Meja resepsionis lobby area dilengkapi hand sanitizer yang di gunakan untuk membersihkan tangan. Tamu yang hendak check in akan di mintai surat keterangan telah melakukan Rapid test atau PCR,” kata Sari.

Masih menurut Sari, manajemen Sotis Hotel mewajibkan seluruh karyawan untuk mengenakan masker dan membawa masker cadangan. Pihak hotel menyediakan tempat khusus untuk mencuci tangan sebelum memasuki hotel dan penyemprotan disinfektan bagi karyawan.

Tidak hanya pada karyawan, penyemprotan disinfektasi dilakukan secara rutin di kamar, restoran, ruang meeting dan area publik hotel. Serta menerapkan social distancing di lift, lobi, restoran dan ruang meeting serta membatasi jumlah pengunjung.

Petugas Sotis Hotel Kupang rutin melakukan penyemprotan disinfektan pada restaurant dan area hotel lainnya termasuk kamar-kamar untuk menjamin seluruh fasilitas hotel bebas Covid-19. (FOTO: DOK. SOTIS HOTEL)

Pembatasan jumlah pengujung juga di berlakukan oleh pihak Sotis Hotel untuk menghindari terjadi kerumunan yang memicu penyabaran Covid-19. Setiap tamu wajib mengikuti prokes yang telah ditetapkan oleh pihak hotel untuk tetap mengedepankan kebersihan, kesehatan, dan keamanan pengunjung maupun karyawan.

Selama masa pandemi, demikian Sari, fasilitas restoran di hotel tetap beroperasi sesuai protokol kesehatan yang berlaku selama masa pandemi. Pemesanan take away juga di jalankan dengan berbagai menu promo untuk pengantaran pemesanan dalam kota. Sehingga di masa PPKM, menu yang disediakan dijamin higienis dengan memenuhi standar CHSE, dan karyawan yang mengantarnya pun dipastikan dalam keadaan sehat.

Sari juga menginformasikan bahwa Sotis Hotel Kupang selama masa pandemi Covid-19, tidak disiapkan untuk isolasi mandiri tamu positif Covid-19 tanpa gejala. Sotis hotel Kupang berkomitmen untuk selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan tamu hotel dan juga seluruh karyawan Sotis Hotel Kupang.

Sotis Hotel Kupang, tambah Sari, memonitor secara berkala informasi dari pihak berwenang dibidang kesehatan dan pemerintah setempat untuk membatasi penyebaran virus dan melakukan prosedur kesehatan.

“Sotis Hotel Kupang menerapkan langkah-langkah pencegahan Covid-19 di seluruh area hotel berdasarkan panduan resmi dari WHO dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Setiap tamu wajib mengikuti prokes yang telah ditetapkan oleh pihak hotel untuk tetap mengedepankan kebersihan, kesehatan, dan keamanan pengunjung maupun karyawan. Stay Healthy, Stay Safe and Stay Clean,” pungkas Sari. (*/aln)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

To Top