Kuota Terbatas, Ratusan Warga Belum Bisa Terima Vaksinasi Dosis Kedua | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kuota Terbatas, Ratusan Warga Belum Bisa Terima Vaksinasi Dosis Kedua


Kepala Puskesmas Feapopi, Luisa Patola saat dikonfirmasi TIMEX di ruang kerjanya, Rabu (21/7). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kuota Terbatas, Ratusan Warga Belum Bisa Terima Vaksinasi Dosis Kedua


Puskesmas Feapopi Prioritas Vaksinasi Dosis Pertama

BA’A, TIMEXKUPANG.com-Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua yang semestinya dilakukan pada Rabu (21/7) akhirnya ditunda. Penundaan ini terpaksa dilakukan lantaran kuota vaksin yang diperoleh Puskesmas Feapopi tidak mencukupi.

Diketahui, sebanyak 70 warga yang semestinya harus menerima vaksin dosis kedua, Rabu (21/7), tidak bisa terlayani. Begitu juga terhadap 450 warga lainnya, yang secara berturut-turut sudah menerima vaksin dosis pertama dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-75 pada 1 Juli lalu, juga mengalami penundaan.

Rinciannya 90 warga untuk hari Kamis (22/7) dan Jumat (23/7). lalu Sabtu (24/7) nanti untuk 180 warga. Selanjutnya, sebanyak 90 warga juga harus divaksin dosis kedua pada Kamis (29/7).

“Ini hari katong datang tapi orang Puskesmas bilang belum bisa hari ini (21/7). Jadi katong disuruh pulang,” kata Junus Loainak, warga Desa Nggodimeda, Kecamatan Rote Tengah, yang ditemui TIMEX, di pelataran Puskesmas Feapopi, Rabu (21/7).

Yunus mengatakan, selain dirinya, beberapa warga lain pun mengalami hal serupa. Petugas hanya menginformasikan bahwa jika sudah tersedia vaksin, mereka akan segera menyampaikan ke masing-masing warga untuk menjalani vaksinasi dosis kedua.

Yunus menunjukan tanda bukti, yang menerangkan bahwa dirinya sudah menjalani vaksinasi dosis pertama, dan dijadwalkan menerima vaksinasi dosis kedua pada hari Rabu (21/7) di Puskesmas Feapopi.

“Ada beberapa orang, dan katong su (sudah) tunjukan kartu vaksin pertama, tapi petugas bilang nanti dihubungi kembali, kalau vaksin su ada,” beber Yunus yang mengaku awalnya mengikuti vaksinasi melalui jalur dikepolisian yang sebelumnya melakukan sosialisasi di desa mereka.

Kepala Puskesmas Feapopi, Luisa Patola membenarkan penundaan tersebut. Ia mengatakan, kuota vaksin yang diterimanya sangat terbatas. Selain digunakan untuk vaksinasi dosis kedua, antuasiasme warga untuk memdapatkan vaksin dosis pertama sudah tak terbendung. Sehingga penundaan tersebut dilakukan untuk melayani masyarakat yang belum divaksin atau dosis pertama.

“Iya, memang ditunda, karena vaksin terbatas. Tetapi informasinya akan segera disampaikan kepada warga untuk menjalani vaksin tahap kedua,” kata Luisa Patola saat dikonfirmasi TIMEX, di ruang kerjanya, Rabu (21/7). “Sangat banyak yang daftar. Karena masyarakat mulai sadar, pentingnya mendapat vaksin di masa pandemi ini,” sambung Luisa.

Lebih lanjut, Luisa mengatakan, kuota vaksin yang diterima sebanyak 15 vial (150) dosis. Pelaksanaan vaksinasi, disebutnya dilakukan selama dua hari, pada Senin (19/7) sebanyak 77 dosis telah digunakan untuk memvaksin kebutuhan dosis pertama. Selanjutnya, sebanyak 73 dosis juga sudah digunakan.

“Vaksin yang kami terima sudah terpakai semua. Mulai Senin, kami lakukan vaksinasi, dan hari ini, Rabu (21/7). Sehingga banyak masyarakat yang belum kebagian,” kata Luisa.

“Ini kan bertahap. Dan masih terus dilakukan, hingga semua masyarakat bisa terlayani. Kami hanya minta masyarakat bisa bersabar,” tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun TIMEX, sebanyak 168 warga terpaksa pulang karena tidak bisa terlayani vaksinasi. Jumlah tersebut, diketahui berdasarkan formulir pendaftaran yang direkap untuk dapat menjalani vaksinasi. Belum termasuk jumlah pendaftar yang melakukan pendaftaran secara online.

Untuk diketahui, selain pelaksanaan vaksinasi di fasiltas kesehatan di masing-masing kecamatan, kegiatan serupa juga akan dilakukan oleh instansi lainnya. Salah satunya, akan digelar di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1627/Rote Ndao. Targetnya memvaksin sebanyak 1.000 warga. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top