Tanamkan Nilai Kepahlawanan, Dinsos Ajak Pelajar Ziarah Wisata ke TMPN Dharma Loka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tanamkan Nilai Kepahlawanan, Dinsos Ajak Pelajar Ziarah Wisata ke TMPN Dharma Loka


TABUR BUNGA. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Robert Ndun dan para siswa saat ziarah sekaligus wisata ke TMP Dharma Loka, Kamis (22/7). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

PENDIDIKAN

Tanamkan Nilai Kepahlawanan, Dinsos Ajak Pelajar Ziarah Wisata ke TMPN Dharma Loka


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi NTT melaksanakan ziarah wisata ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Dharama Loka, Kelurahan Pasir Panjang. Kegiatan yang melibatkan para pelajar di Kota Kupang ini sebagai upaya merawat serta menanamkan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakwanan sosial kepada generasi muda.

Kegiatan itu dilaksankan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) ketat. Untuk menghindari kerumanan, kegiatan itu diselenggarakan dalam tiga tahap, selain penyediaan tempat cuci tangan.

Para siswa nampak antusias mengikuti kegiatan itu, apalagi saat penaburan bunga ke makam-makam para pahalwan. Kegiatan seperti itu, rutin dilakukan setiap tahun oleh Dinsos.

Kepala Dinsos NTT, Jamaludin Ahmad melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Robert Ndun, Kamis (22/7) mengatakan, ziarah sekaligus wisata ke TMPN ini melibatkan pelajar SD dan SLTP. Tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakwanan sejak usia dini. Sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa perlu terus tumbuh, dikembangkan, dihayati, dan diamalkan dalam setiap perilaku kehidupan sehari-hari.

“Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengenal niali-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial adalah dengan menyelenggaraka ziarah wisata ke TMPN, yaitu tempat para pahlawan dan pejuang yang dimakanamkan,” katanya.

Robert menyebutkan, nilai-nilai kepahlawan penting ditanamkan dan diajarkan sejak dini kepada generasi muda, agara tidak mudah terpecah belah dari ancaman apapun dan dari siapapun.

Dengan nilai-nilai itu, kata Robert, generarsi muda diharapkan menjadi garda penjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa, termasuk sebagai pahlawan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa ini.

“Apalagi di tengah pandemi ini, mereka bisa menjadi pengerakan minimal dalam keluarga, lingkungan maupun sekolah agar bisa bersama-sama, mematuhi anjuran pemerintah dan membangun kesadaran bersama, agar keluar dari serangan virus ini,” katanya.

Siswa SMP, Aldo Nomleni mengaku kegiatan itu semakin meneguhkan kecintaanya kepada para pahlawan, terutama perjuangan mereka demi bangsa yang besar ini.

“Semangat ini harus diteladani dan diterapkan dalam kehidupan kita sehari -hari. Sebagai generasi muda, semangat ini harus terus hidup dalam membangun bangsa ini sesuai kemampuan kita masing-masing,” katanya.

Apalagi, kata dia, bangsa ini tengah menghadapi bencana besar Covid-19. Semangat perjuangan, kecintaan, persatuan, dan rela berkorban sebagaimana ditunjukan para pahlawan, wajib diteladani dalam upaya melawan pandemi Covid-19 ini.

“Kami menyampaikan terima kasih karena meski masih dalam masa pandemi, namun kami dilibatkan dalam kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran,” terangnya. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top