WVI dan Citi Indonesia Dukung Ketahanan Pangan di Sumba Timur | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

WVI dan Citi Indonesia Dukung Ketahanan Pangan di Sumba Timur


VOUCHER UNTUK PETANI. Penyerahan bantuan voucher untuk petani secara virtual oleh Digital, Partnership & Innovation WVI, Asteria Aritonang yang diwakili Manejer WVI Klaster Sumba, Ventia Sabatini kepada tiga perwakilan petani Desa Mandahu, Kamis (22/7). (FOTO: SEPRITUS/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

WVI dan Citi Indonesia Dukung Ketahanan Pangan di Sumba Timur


Beri Voucher untuk Petani Terdampak Badai Seroja

WAINGAPU, TIMEXKUPANG.com-Bencana Siklon Tropis Seroja yang melanda wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada awal April 2021 lalu, tak hanya membawa kerusakan pada bangunan gedung dan infrastruktur lainnya. Namun bencana yang berdampak banjir dan angin kencang ini juga ikut merusak areal pertanian.

Bencana ini turut menggerakkan Wahana Visi Indonesia (WVI) yang berkolaborasi dengan Citi Indonesia untuk menyalurkan bantuan nontunai dalam bentuk voucher kepada para petani yang areal pertaniannya rusak. Bantuan ini bertujuan membantu para petani agar kembali pulih.

Bantuan ini untuk mendukung ketahanan pangan yang dilakukan WVI bersama Citi Indonesia. Dan acara launching berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan secara luring di aula kantor BPBD Kabupaten Sumba Timur, Kamis (22/7).

Digital, Partnership & Innovation WVI, Asteria Aritonang saat peluncuran ini menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan ini merupakan Emergency Respon WVI yang mendapat dukungan dari Citi Indonesia karena memiliki program yang sama untuk ketahanan pangan di Sumba Timur. Program ini membantu petani untuk bangkit. Wujudnya berupa pemberian bantuan modal bagi 268 petani di 3 desa di Sumba Timur, masing-masing Desa Mandahu, Lailunggi, dan Kombapari.

“Badai siklon Tropis Seroja ini adalah peristiwa kemanusian yang merupakan tugas bersama dalam menangani dampak yang terjadi,” kata Asteria.

Menurut Asteria, pasca bencana banjir dan Siklon Tropis Seroja April lalu, WVI telah merespon dengan menyalurkan bantuan berupa distribusi air bersih, penampungan air bersih, paket keluarga dan paket anak. Total bantuannya kepada 10.533 orang, dimana 4.000-diantaranya merupakan anak-anak.

Sementara Puni A. Anjungsari, selalu Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia dalam sambutannya menyebutkan, dukungan terhadap ketahanan pangan di NTT ini merupakan bentuk hubungan Citi Indonesia dengan WVI dan Provinsi di NTT dibidang agrikultur. “Donasi ini merupakan kepedulian Citi Indonesia yang sudah 51 tahun berkiprah di Indonesia,” ujarnya.

Puni menuturkan, hal ini merupakan bagian dari Citi Global Comunity Day Reimagined yang diperingati setahun sekali. Tahun ini Citi Indonesia mengambil tema ketahanan pangan. Kegiatan serupa juga terselenggara di 160 negara tempat Citi Bank sebagai Bank Internasional beroperasi.

Puni menyebutkan, dalam perayaan tahunan ini, pegawai Citi Indonesia menjadi relawan dan berdonasi, dan kali ini Citi Indonesia berdonasi untuk ketahanan pangan di Sumba Timur melalui WVI. Harapannya bisa memberikan manfaat positif terhadap petani dan masyarakat di Sumba Timur.

Kepala Pelaksana BPDD Sumba Timur, Michael Jaka Laki menuturkan, dampak badai Seroja sangat luar biasa, baik dibidang sosial, ekonomi, dan berbagai hal yang menyebabkan kerugaian material. Karena itu, Michael mengukapkan terima kasih yang luar biasa kepada WVI dan Citi Indonesia atas perhatian dalam menjawab kebutuhan petani. “Kami berharap momentum ini ikut memotivasi rakyat untuk bangkit dan pulih dari kondisi saat ini,” harapnya.

Hal senada dikemukakan Kepala Dinas Petanian Sumba Timur, Oktavianus Mb. Muku. Ia berharap WVI dan CITI berperan aktif menolong dan membantu petani di Sumba Timur.

Stefanus Njurumana, mewakili Petani Desa Mandahu juga mengucapkan terima kasih kepada WVI dan Citi Indonesia atas bantuan yang mereka terima. Stefanus berjanji akan memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik demi mewajudkan ketahanan pangan di Sumba Timur. (*)

PENULIS: Sepritus

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top