Keberatan Jadi Bacaleg, Partai Golkar Cabut Nama Ayub Titu Eki dari Daftar | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Keberatan Jadi Bacaleg, Partai Golkar Cabut Nama Ayub Titu Eki dari Daftar


ILUSTRASI: Logo Partai Golkar. (ISTIMEWA)

POLITIK

Keberatan Jadi Bacaleg, Partai Golkar Cabut Nama Ayub Titu Eki dari Daftar


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar NTT akhirnya mencabut nama Drs. Ayub Titu Eki, MS, Ph.D dari daftar nama bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPR RI yang bakal disurvey untuk Pemilu 2024. Penarikan tersebut dilakukan menyusul adanya keberatan dari mantan Bupati Kupang dua periode itu menjadi salah satu Bacaleg DPR RI.

“Saya keberatan nama saya masuk. Tidak pernah komunikasi dengan beta (saya). Dan saya sudah dapat surat dari Partai Golkar,” ujar Ayub Titu Eki yang dihubungi di Kupang, Jumat (23/7).

Sebelumnya, Ayub Titu Eki melayangkan surat keberatan kepada Partai Golkar setelah namanya disebut sebagai salah satu orang yang bakal diusung partai tersebut menjadi Caleg DPR RI. Dalam suratnya tertanggal 13 Juli 2021, Titu Eki pada intinya menyampaikan jika dirinya telah mundur dari keanggotaan Partai Golkar sehingga meminta agar namanya tidak diikutsertakan dalam kegiatan sosialisasi partai melalui media sosial maupun dalam sosialisasi tatap muka.

Ayub dalam surat yang ditujukan kepada Ketua DPD Partai Golkar NTT menyebut bahwa pengunduran dirinya dari partai berlambang pohon beringin itu telah disampaikan kepada pimpinan Partai Golkar disertai dengan pengembalian kartu anggota melalui surat tertanggal 16 Desember 2019 lalu. Saat itu Ayub mengundurkan diri dengan alasan tak berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI yang mengakibatkan kursi Golkar hilang di Dapil NTT II.

“Peringatan ini disampaikan kepada Bapak sehubungan dengan pencantuman nama saya tanpa konfirmasi dalam daftar Balon Caleg DPR RI yang diumumkan melalui media sosial pada Hari Kamis taggal 1 Juli 2021, dan diberitakan ulang pada tanggal 12 Juli 2021, dimana nama saya terdapat pada urutan nomor 10 Balon Caleg DPR RI Dapil 2 NTT 2024. Dengan surat ini saya berharap agar nama saya dihapus dari daftar Balon Caleg DPR RI Partai Golkar,” demikian Ayub Titu Eki dalam suratnya tertanggal 13 Juli 2021.

Menanggapi keberatan tersebut, DPD I Partai Golkar NTT akhirnya menarik kembali nama Drs. Ayub Titu Eki dari daftar Balon Caleg DPR RI Partai Golkar untuk Pemilu 2024 mendatang. “Untuk ketidaknyamanan saudara atas pengumuman tersebut maka nama saudara akan segera kami tarik dari bursa penjaringan bakal calon legislatif untuk DPR RI dari Partai Golkar,” demikian poin ketiga surat yang ditandatangani Wakil Ketua DPD Partai Golkar NTT, Ansgerius Takalapeta dan Wakil Sekretaris Thomas R. Seru.

Partai Golkar NTT beralasan bahwa saat ini sedang melakukan proses konsolidasi organisasi dan menugaskan pengurus Partai Golkar di semua jenjang kepengurusan sampai ke tingkat desa untuk melakukan penjaringan tokoh-tokoh potensial yang akan diajukan sebagai bakal calon legislatif untuk Pemilu 2024 yang akan datang dengan kuota 200 persen.

Disebutkan pula bahwa nama-nama yang diajukan prioritas pertama kepada para tokoh yang pernah diajukan oleh Partai Golkar pada Pemilu 2019 yang lalu dan selanjutnya akan dilakukan proses penyaringan bakal calon menjadi calon melalui mekanisme survey dan akan diseleksi oleh tim sesuai peraturan organisasi Partai Golkar.

“Berkenaan dengan keberatan yang diajukan oleh saudara maka akan menjadi perhatian Partai Golkar untuk ditindaklanjuti,” demikian isi surat tertanggal 19 Juli 2021 tersebut. (aln)

Komentar

Berita lainnya POLITIK

Baca koran edisi : 19 Desembar 2021

Populer

To Top