Kejari Rote Ndao Terus Berbenah, Wujudkan Semangat Berkarya untuk Bangsa | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kejari Rote Ndao Terus Berbenah, Wujudkan Semangat Berkarya untuk Bangsa


VIRTUAL. Kajari Rote Ndao, I Wayan Wiradarma, dan sejumlah pejabat saat mengikuti upacara peringatan HBA ke-61 secara virtual di aula kantornya, Kamis (22/7). (FOTO: Rizal Jaha for TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kejari Rote Ndao Terus Berbenah, Wujudkan Semangat Berkarya untuk Bangsa


Antar dan Cuci BB serta Sediakan Bensin Gratis

BA’A, TIMEXKUPANG.com-Hari Bhakti Adyaksa (HBA) secara nasional diperingati setiap tanggal 22 Juli. Peringatan HBA kali ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Institusi Kejaksaan se Indonesia, pada Kamis (22/7), memperingati hari lahirnya dengan sejumlah pembatasan, termasuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Bahkan saat puncak HBA dilakukan secara virtual.

Walau demikian, dari situasi pandemi tak membatasi semangat untuk terus berkarya bagi bangsa. Situasi ini menjadi spirit tersendiri bagi institusi Kejaksaan, sebagai salah satu lembaga penegak hukum ini untuk memberi pelayanan nyata kepada masyarakat.

Misalnya di Kejaksaan Negeri (Kejari) Rote Ndao. Lembaga Adyaksa ini secara bertahap mulai berbenah diri dari sebelumnya. Berbagai perubahan mulai nampak, sebagai wujud peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Dimulai dari penataan area PelayananTerpadu Satu Pintu (PTSP), yang nyaman, dengan menyediakan sejumlah fasilitas yang dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat. Televisi dan juga Wi-Fi, dapat diakses di areal ini. Begitu juga disediakan kopi gratis untuk dinikmati sambil menunggu giliran mendapatkan pelayanan aparatur Adhyaksa ini.

Begitu juga dengan halaman parkir kendaraan bermotor yang sudah ditata secara terpisah. Yakni untuk kendaraan roda dua, dengan posisi di samping kiri, dan roda empat, di bagian depan kantor tersebut, yang diberi ‘line’ sebagai pembatas untuk masing-masing kendaraan.

Menjawab perubahan yang telah dilakukanya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rote Ndao, I Wayan Wiradarma, mengatakan, hal tersebut merupakan bhakti untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan tersebut untuk membalikan keadaan menjadi lebih humanis.

“Kami terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan-pelayanan publik,” kata I Wayan Wiradarma, kepada TIMEX, usai mengikuti upacara peringatan HBA ke-61 secara virtual di kantornya, Kamis (22/7).

Untuk pelayanan yang secara langsung akan dirasakan oleh masyarakat, demikian Wiradarma, adalah saat pengambilan barang bukti (BB) oleh masyarakat. BB tersebut, dapat dikembalikan dengan diantar langsung oleh pihak Kejari ke kediaman pemilik.

Lebih lanjut, Wiradarma menjelaskan, pengembalian BB dapat dilakukan pihaknya apabila sudah berkekuatan hukum tetap atau inkrah. Sehingga hal tersebut dilakukan, untuk melayani kesulitan masyarakat, bagi yang tidak bisa mengambil kembali miliknya yang dijadikan BB.

“Barang Bukti (BB) bagi masyarakat yang tidak bisa mengambilnya, terutama yang sudah inkrah, sudah berkekuatan hukum tetap, itu kami antarkan langsung. Ini sudah berlaku setahun sebelumnya,” kata Wiradarma. “Jika masyarakat mengambil kendaraan bermotor, baik sepeda motor atau mobil, kami juga sediakan fasilitas cuci gratis dan bensin gratis bagi masyarakat,” tambahnya. (mg32)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Baca koran edisi : 19 Desembar 2021

Populer

To Top