Presiden Jokowi Perintahkan Genjot Testing, Antisipasi Varian Covid-19 yang Lebih Menular | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Presiden Jokowi Perintahkan Genjot Testing, Antisipasi Varian Covid-19 yang Lebih Menular


Presiden RI, Joko Widodo. (FOTO: BPMI Setpres)

NASIONAL

Presiden Jokowi Perintahkan Genjot Testing, Antisipasi Varian Covid-19 yang Lebih Menular


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan setelah varian Delta bisa muncul ancaman varian baru Covid-19. Maka masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan ketat. Selain itu wajib pula untuk meningkatkan testing.

“Ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular,” tegas Jokowi dalam keterangan virtual, Minggu (25/7). “Oleh karena itu saya memerintahkan agar testing bisa ditingkatkan lebih tinggi,” tuturnya.

Ia juga meminta agar pemerintah daerah dengan angka kematian yang tinggi bisa menekan angka kematian dengan meningkatkan kapasitas pelayanan rumah sakit. Menurutnya, dengan respon treatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan meningkatkan angka kesembuhan, maka akan menjadi pilar utama penanganan Covid-19. “Dengan memakai masker dan menjaga jarak harus terus dilakukan,” ungkapnya.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu bahu-membahu melawan Covid-19. Kemudian juga wajib menekan angka kematian yang saat ini selalu lebih dari seribu jiwa per hari. “Dengan usaha keras kita bersama, Insya Allah kita bisa segera terbebas dari Covid-19 dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” tegasnya.

Tes Anjlok

Hari ini saja, angka testing spesimen Covid-19 kembali anjlok di bawah 200 ribu sehari. Padahal sebelumnya Koordinator PPKM Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan testing harus di atas 400 ribu sehari. Sedangkan para pakar epidemiologi menargetkan testing semestinya harus mencapai 500 ribu hingga 1 juta tes per hari sehingga kasus-kasus baru yang belum terdeteksi di masyarakat bisa segera ditemukan. (jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

Baca koran edisi : 19 Desembar 2021

Populer

To Top