Yang Tunggu Dosis Kedua Vaksin Astra Zeneca, Ini Kabar Baik dari Pemkot Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Yang Tunggu Dosis Kedua Vaksin Astra Zeneca, Ini Kabar Baik dari Pemkot Kupang


Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Yang Tunggu Dosis Kedua Vaksin Astra Zeneca, Ini Kabar Baik dari Pemkot Kupang


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Antusiasme masyarakat Kota Kupang untuk mendapatkan vaksin Covid-19 saat ini harus terhenti sementara. Pasalnya, ketersediaan vaksin di fasilitas kesehatan (Faskes) dalam hal ini Puskesmas, minim, bahkan ketiadaan stok. Seluruh dosis vaksin yang ada sudah habis digunakan untuk pelayanan, dan belum ada pendistribusian lagi.

Sementara itu, bagi warga yang sedang menunggu lanjutan penyuntikan vaksinasi Covid-19 jenis Astra Zeneca dosis kedua, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang sudah siap melayani pada pekan ini. Lebih kurang ada 23.000 warga Kota Kupang sudah mendapatkan vaksin Astra Zeneca dosis pertama, sehingga harus difokuskan untuk pemberian dosis dua.

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, saat diwawancarai di rumah jabatannya, Minggu (25/7) menjelaskan, sampai Senin (26/7), hanya tersisa 60 vial yang akan digunakan untuk melayani 600 orang saja. Stok 60 vial ini akan didistribusikan melaluli jalur TNI dan Polri. “Sisa 60 vial itu dalam satu hari pasti sudah habis,” katanya.

Dia mengaku, untuk droping vaksin akan dilakukan pada minggu ke empat Juli, diperkirakan akan mendapatkan 15.000 vial untuk Kota Kupang, dan diprioritaskan untuk pelayanan bagi masyarakat yang mendapatkan vaksin jenis Astra Zeneca dosis dua.

“Kita kejar, karena yang kita butuhkan dari target yang dilihat pada dosis pertama yaitu 23.000, jadi Wali Kota akan menyurati Gubernur secara khusus untuk meminta 23.000 dosis kedua Astra Zeneca,” jelasnya.

Menurut Wawali, Pemkot serius mempercepat pelayanan vaksinasi, agar bisa terbentuk herd immunity. “Kita fokus dulu pada dosis dua Astra Zeneca, karena kemarin dosis satu sudah diberikan kepada 23.000 orang, jangan sampai drop out atau melewati masa penerimaan vaksin dosis dua,” ungkapnya.

Herman Man mengaku, setelah vaksin dosis 2 Astra Zeneca itu tiba, maka akan difokuskan untuk pelayanan Astra Zeneca dosis 2 saja, tidak membuka peluang untuk pelayana dosis satu.

Secara keseluruhan, lanjut Herman Man, Kota Kupang masih membutuhkan 564 ribu dosis untuk vaksinasi dosis satu dan dua. Jadi, kalau dosis pertama Kota Kupang membutukan 236 ribu dosis, dan kedua membutuhkan 327 ribu lebih. Jadi total kebutuhan sebanyak 564 ribu dosis.

Jumlah inilah yang akan diajukan ke Pemprov NTT untuk dilakukan pelayanan dan ditargetkan selesai sampai Desember nanti. Ditargetkan 266 ribu orang mendapatkan vaksin, dan herd immunity bisa terbentuk sampai 80 persen. (mg25)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Baca koran edisi : 19 Desembar 2021

Populer

To Top