BPPKD Kota Verifikasi Berkas 2.000 Pelamar CASN, Formasi Dokter Spesialis Tanpa Peminat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

BPPKD Kota Verifikasi Berkas 2.000 Pelamar CASN, Formasi Dokter Spesialis Tanpa Peminat


Kepala BKPPD Kota Kupang, Ade Manafe. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

PEMERINTAHAN

BPPKD Kota Verifikasi Berkas 2.000 Pelamar CASN, Formasi Dokter Spesialis Tanpa Peminat


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 2.000 lebih pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) telah mendaftar untuk mengisi sejumlah formasi usulan Pemkot Kupang tahun 2021. Sayangnya, dari sekian kuota yang ada, khusus formasi dokter spesialis tidak ada yang melamar atau peminat.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang, Ade Manafe mengatakan, data ini berdasarkan hasil rekapan saat penutupan pendaftaran seleksi CASN pada Senin (26/7).

Saat ini, kata Ade, BKPPD Kota Kupang tengah memverifikasi atau meneliti berkas para pelamar, dan sesuai jadwal, bulan depan dilakukan tes bagi pelamar yang telah memenuhi syarat saat pemberkasan ini.

“Hari ini kita lakukan verifikasi, dan sesuai jadwalnya bulan Agustus ini kita mulai tes,” kata Ade saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (27/7).

Ade menyebutkan, untuk penerimaan CPNS kali ini, Kota Kupang mendapat 191 formasi. Rinciannya untuk tenaga kesehatan sebanyak 173 formasi, dan 18 formasi untuk tenaga teknis. Dalam proses awal ini, kata Ade, masih ada yang lowong pada formasi dokter spesialis. Bahkan jenis formasi ini sejak dua tahun terakhir terjadi kekosongan akibat sepi pelamar. Untuk itu, pihaknya berencana tidak lagi mengusulkan formasi tersebut pada tahun berikutnya.

Pelaksanaan tes CPNS akan dilakukan bulan depan dan berlokasi di kampus Politeknik Negeri Kupang (PNK) sesuai dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya.

Ade menjelaskan, usulan dari BKPPD Kota Kupang ke depannya akan mengakomodir beberapa kebutuhan seperti bagian hukum, dan lainnya yang lebih diminati.

Sementara penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Ade Manafe mengaku BKPPD Kota Kupang hanya mengusulkan jumlah kebutuhannya, sedangkan untuk teknis pelaksanaan akan diatur oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Pada jalur PPPK, kata Ade, untuk jabatan fungsional guru sebanyak 742 formasi, sehingga total kuota untuk penerimaan pegawai di Kota Kupang, baik jalur CASN dan PPPK sebanyak 933 formasi.

Sebelumnya, Ade Manafe mengatakan, jadwal pendaftaran untuk seleksi CASN dibuka sejak Kamis, 1 Juli 2021 dan berakhir pada 21 Juli 2021. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 28 – 29 Juli 2021.

“Sementara untuk masa sanggah tanggal 30 Juli sampai 1 Agustus, jawab sanggah dari 30 Juli sampai 8 Agustus, pengumuman pasca sanggah 9 Agustus,” kata Ade saat dikonfirmasi Kamis (1/7/2021).

Untuk PPPK, demikian Ade, pelaksanaan seleksi kompetensi berlangsung Agustus sampai Desember 2021. Sementara pengumuman kelulusan 28 November sampai 19 Desember 2021.

Masa sanggah 20 – 22 Desember 2021, jawab sanggah terhitung 22 – 29 Desember 2021, pengumuman pasca sanggah 30 – 31 Desember, dan dilanjutkan dengan pengisian daftar riwayat hidup dimulai 1 Januari 2022, usulan penetapan NIP PPPK pada 19 Januari – 18 Februari 2022. (mg25)

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Baca koran edisi : 19 Desembar 2021

Populer

To Top