Sepekan Gelar Vaksinasi Massal, Warga Serbu Makodim 1627/Rote Ndao | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Sepekan Gelar Vaksinasi Massal, Warga Serbu Makodim 1627/Rote Ndao


VAKSINASI. Warga Rote Ndao antusias mengikuti kegiatan serbuan vaksinasi yang digelar di Makodim 1627/Rote Ndao, Rabu (28/7). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Sepekan Gelar Vaksinasi Massal, Warga Serbu Makodim 1627/Rote Ndao


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1627/Rote Ndao, diserbu warga setempat dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19. Dan Rabu (28/7) kemarin merupakan hari ketiga kegiatan yang telah dimulai sejak Senin (26/7). Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari secara berturut-turut.

Vaksinasi sangatlah penting untuk membentengi diri dalam masa pandemi Covid-19 ini. Belum lagi, sejumlah persyaratan mulai diterapkan pemerintah, dalam rangka membatasi mobilitas masyarakat selama pemberlakuan PPKM. Tak ayal, kartu vaksin, saat ini boleh dibilang sebagai ‘kartu sakti’. Dimana, pemegang kartu itu akan merasakan sendiri manfaatnya.

Sehingga untuk memperoleh kartu vaksin, masyarakat tanpa diwakili, perlu menjalani vaksinasi itu sendiri. Saat ini, banyak gerai vaksinasi mulai dibuka oleh banyak institusi guna mempercepat proses tersebut. Baik tu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao maupun institusi TNI dan Polri, yang gencar melakukan giat vaksinasi.

Misalnya yang berlangsung di Makodim 1627/Rote Ndao. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), dilakukan vaksinasi untuk 1.300 warga dengan 130 vial vaksin jenis sinovac.

Guna mencegah terjadinya kerumunan dan penumpukan orang, Dinkes menerjunkan dua tim tenaga kesehatan (Nakes) untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Satu tim disiagakan dari Puskesmas Ba’a, Kecamatan Lobalain, dan satunya lagi dari Puskesmas Oele, Kecamatan Rote Selatan. Targetnya, masing-masing tim memvaksin 220 warga setiap hari pelaksanaan.

“Hari pertama Senin (26/7), sebanyak 200 warga dilayani. Selanjutnya 220 warga setiap harinya, hingga Sabtu (31/7) nanti,” kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 1627/Rote Ndao, Letkol (Inf) Educ Permadi Eko PB, Rabu (26/7) kepada TIMEX, melalui pesan WhatsApp (WA).

“Tempatnya kami selenggarakan di hanggar Makodim, yang kami sekat jadi dua. Ada dua tim nakes yang melayani vaksinasi,” katanya. “Targetnya kepada pelaku usaha. Seperti tukang cukur, pedagang di pasar-pasar, dan masyarakat umun. Anak-anak dan remaja juga bisa divaksin,” sambungnya.

Terhadap anak dan remaja, demikian Dandim Educ, pelayanan vaksinasi diberikan kepada mereka yang berusia 12 hingga 16 tahun, dibuktikan dengan membawa Kartu Keluarga (KK). “Hari Kamis (29/7) giliran anak-anak. Cukup membawa kartu keluarga, sudah bisa langsung dilayani,” katanya.

Sebelunnya, lanjut Dandim Educ, pihaknya hanya dijatah sebanyak 100 vial atau 1.000 dosis vaksin. Namun karena antusias warga yang sangat tinggi, akhirnya 30 vial kembali dijatah. Sehingga pelaksanaan vaksinasi tersebut, berlanjut hingga Sabtu (31/7) dari sebelumnya yang ditargetkan berakhir pada Jumat (30/7). “Ada tambahan vaksin. Soalnya antusias warga yang luar biasa. Akhirnya, kami tambah satu hari, dari target waktu sebelumnya,” bebernya. (mg32)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Baca koran edisi : 19 Desembar 2021

Populer

To Top