Launching Bansos PPKM untuk 19.145 KPM, Bupati Paulina: Terimalah dengan Sukacita | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Launching Bansos PPKM untuk 19.145 KPM, Bupati Paulina: Terimalah dengan Sukacita


SIMBOLIS. Perwakilan KPM penerima bansos PPKM secara simbolis oleh Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu di kantor Lurah Mokdale, Rabu (28/7). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Launching Bansos PPKM untuk 19.145 KPM, Bupati Paulina: Terimalah dengan Sukacita


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 19.145 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Rote Ndao, mulai menerima bantuan sosial (Bansos) program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2021. Penyaluranya mulai dilakukan, setelah di-launching oleh Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, di Kantor Lurah Mokdale, Kecamatan Lobalain, Rabu (28/7).

Bansos tersebut disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, yang diberikan dalam bentuk beras kepada masyarakat pra sejahtera. KPM penerima bansos ini adalah mereka yang tercatat sebagai penerima bantuan program keluarga harapan (PKH), sembako dan bantuan sosial tunai (BST). Masing-masing KPK menerima sebanyak 10kg beras.

KPM tersebut tersebar di 112 desa dan 7 Kelurahan di 11 Kecamatan, se-Kabupaten Rote Ndao. Setelah di-launching, pendistribusian bansos itu ditargetkan tuntas pada 10 Agustus 2021 nanti. Penyaluran bantuan itu dipercepat karena didukung ketersediaan beras (stok) di gudang perum Bulog Rote. Saat ini, sudah disiapkan dalam kemasan 10kg, sehingga tinggal disalurkan kepada setiap KPM terdampak PPKM.

“Terimalah dengan sukacita. Jangan melihat dari jumlahnya yang hanya 10kg,” kata Bupati Paulina Haning-Bullu, saat launching yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan KPM, di Kantor Lurah Mokdale, Rabu (28/7).

“Bukan saja kita di Rote Ndao yang mengalami pandemi ini. Tetapi seluruh Indonesia. Sehingga pemerintah memberi (Bansos) sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terdampak PPKM,” sambungnya.

BACA JUGA: Pemkab Rote Ndao Terapkan PPKM Level 3

Saat launching itu, Bupati Paulina didampingi Wakil Bupati, Stefanus M. Saek, jajaran Forkopimda, diantaranya Dandim 1627/Rote Ndao, Letkol (Inf) Educ Permadi, Kapolres Rote Ndao, yang diwakili, Kasat Bimas Polres Rote Ndao Iptu Bambang.

Hadir pula Kepala Bidang (Kabid) Operasional dan Pelayanan Publik Kanwil Bulog NTT, Agung Sarianto, Kepala Dinas Sosial, Ferry Haning, Kepala Bagian Umum, Hardyans Bessie, Camat Lobalain, Nusry E. Zacharias, dan Lurah Mokdale, Andre Boik.

Pada kesempatan itu, Bupati Paulina mengingatkan warganya untuk menaati penerapan protokol kesehatan. Ia berharap, masyarakatnya bisa menahan diri dengan tidak menyelenggarakan pesta. Begitu juga untuk bepergian, Bupati Paulina, menyarankan agar dilakukan untuk keperluan yang mendesak saja.

“Sebaiknya di rumah saja dulu dan jangan kumpul-kumpul, kalau tidak terlalu mendesak. Agar bisa membantu kami pemerintah mencegah penularan Covid-19. Karena saat ini di Rote cukup banyak yang positif, sekitar 300 orang yang ditangani di tempat-tempat karantina,” kata Bupati Paulina.

Sementara itu, Lurah Mokdale, Andre Boik, kepada TIMEX mengatakan, untuk penyaluran, supaya tidak menimbulkan kerumunan, maka pihaknya mengatur mekanisme penyaluran kepada dua hingga tiga wilayah Rukun Tetangga (RT) per hari.

“Kami sudah atur untuk tidak dilakukan secara serentak. Yang satu hari, masing-masing KPM di 2 sampai 3 RT datang terima. Dengan prokes yang ketat,” kata Andre Boik yang menyebutkan, total sasaran bansos ini sebanyak 232 KPM, tersebar di 25 RT Kelurahan Mokdale. “Di wilayah kami, selain RT, terdapat 8 RW dan 6 lingkungan,” pungkasnya. (mg32)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Baca koran edisi : 19 Desembar 2021

Populer

To Top