Dukung Promosi Wisata, KRI Bima Suci Kunjungi Labuan Bajo | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dukung Promosi Wisata, KRI Bima Suci Kunjungi Labuan Bajo


TIBA LABUAN BAJO. KRI Bima Suci saat berada di perairan Manggarai Barat, Kamis (29/7). (FOTO: Hans Bataona/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dukung Promosi Wisata, KRI Bima Suci Kunjungi Labuan Bajo


LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.com-Demi mendukung promosi wisata bahari, kapal layar elite milik TNI Angkatan Laut, KRI Bima Suci melakukan perjalanan mengelilingi nusantara, dan Kamis (29/7) tiba di Pelabuhan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat setelah berlayar dari Surabaya.

Kapten Kapal KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Waluyo kepada wartawan mengaku selama beberapa hari KRI Bima Suci berada di perairan Labuan Bajo setelah berlayar dari Surabaya. Kali ini perjalanan membawa personil sebanyak 201 orang, 89 ABK,18 staf latihan dari TNI AL, 88 taruna AL, 12 Taruni, 4 orang taruna STIN, dua laki laki dan dua perempuan di tambah seorang pembimbing dan seorang jurnalis.

Menurut Waluyo, pelayaran akan berlangsung selama 99 hari, dan menyinggahi 13 pelabuhan di tanah air. Untuk rute ini, pertama kali KRI Bima Suci menyinggahi Labuhan Bajo, dan saat tiba Kamis (29/7) disambut Wakili Ketua DPRD Mabar, Martinus Mitar, Asisten II, Marten Ban, dan Komandan Lanal Labuan Bajo, Mayor Laut Budi Purwoto. Penyambutan KRI Bima Suci itu dilakukan dengan ritual adat Manggarai.

Dalam agenda perjalanan, KRI Bima Suci masuk kawasan Pulau Komodo di Dermaga Loh Liang. Selain itu, lanjut Waluyo, pelayaran ini bertujuan memberikan pengenalan teritorial wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan para taruna dilatih bagaimana pelayaran dalam bertugas.

BACA JUGA: KRI Bima Suci Arungi 13 Wilayah Indonesia, Termasuk ke NTT

“Labuan Bajo merupakan pelabuhan pertama yang disinggahi KRI Bima Suci sejak bertolak dari Surabaya, karena salah satu misi kita adalah promosi wisata dan budaya,” tandasnya.

Personil KRI Bima Suci foto bersama Kapolres Mabar, AKBP Bambang Hari Wibowo. (FOTO: HANS BATAONA/TIMEX)

Tidak hanya itu, Waluyo menyebutkan, untuk saat ini KRI Bima Suci melakukan pelayaran dalam negeri, diharapkan para taruna dapat memahami bagaimana karakter masyarakat yang ada di Manggarai Barat, termasuk menggenal keindahan alam dan budaya di Manggarai Barat sehingga kedepannya mereka akan menjadi duta wisata ketika mereka berada di luar negeri.

Hal senada disampaikan Letkol Laut (P) Khairul Anwar sebagai Palaklat Satgas KJK 2021 dalam rangka Latihan Kartika Jala Krida Taruna tingkat tiga angkatan 68. “Dalam misi pelayaran ini, salah satunya menyinggahi daerah obyek wisata di tanah air karena memiliki nilai dan daya juang yang harus dijaga dan dilestarikan,” tambah Khairul.

Asisten II Setda Mabar, Martin Ban yang dikonfirmasi usai mengunjungi bagian dalam KRI Bima Suci mengaku kagum akan kemegahan kapal itu. “Bangga rasanya Indonesia punya kapal seperti ini, kagum dan mewah,” ujarnya.

Agenda lain yang diperoleh media ini menyebutkan, selama di Labuan Bajo, para awak KRI Bima Suci menggelar tatap muka dengan DPRD Mabar, Bupati dan Wakil Bupati Mabar, Polres Mabar, serta mengunjungi sejumlah obyek wisata dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). (Krf5)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Baca koran edisi : 19 Desembar 2021

Populer

To Top