Kisah Pelaku Ekonomi Kecil yang Berjuang Mencari Peruntungan di Tengah Pandemi (2) | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kisah Pelaku Ekonomi Kecil yang Berjuang Mencari Peruntungan di Tengah Pandemi (2)


KREATIF. Demerson Boling menunjukkan rak bunga sepeda onthel hasil karyanya sendiri. Gambar diabadikan dikediamannya, di Kelurahan Maulafa, Kota Kupang, Kamis (29/7). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

BISNIS

Kisah Pelaku Ekonomi Kecil yang Berjuang Mencari Peruntungan di Tengah Pandemi (2)


Tangkap Peluang, Bermodal Tutorial di YouTube, Demerson Buat Rak Bunga Sepeda Onthel

Pandemi ternyata tak selamanya berdampak buruk. Efek pendami membuat sejumlah orang memutar otak agar bisa eksis, khususnya secara ekonomi. Muncul ide-ide kreatif setelah muncul peluang-peluang ekonomi baru. Seperti yang dilakukan Demerson Boling.

IMRAN LIARIAN, KUPANG

Ketika pemerintah menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat selama pandemi ini, orang makin banyak waktunya di rumah. Supaya jangan bosan, ada saja kegiatan yang dilakukan. Intinya, menjaga agar imun tubuh tetap terjaga.

Mereka yang punya hobi memelihara bunga, makin banyak waktu untuk mengurus tanaman kesukaannya. Koleksi bunga pun makin banyak. Peluang ini ditangkap sejumlah orang untuk memperjual-belikan tanaman bunga aneka model/bentuk.

Begitu pula bagi mereka yang punya keahlian di teknik pengelasan. Mereka menangkap peluang para penggemar bunga ini dengan merakit rak-rak bunga aneka bentuk. Peluang ekonomi pun tercipta di sini.

Misalnya yang dilakukan Demerson Boling, warga Jalan HTI, RT 18/RW 7, Kelurahan Maulafa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Berbekal keahlian teknik las yang dimiliki, ide Demerson muncul ketika melihat makin banyak gemar menanam bunga.

Sejak sebulan lalu, Demerson menggeluti usaha las dan jualan rak bunga berbagai bentuk. Ide membuat rak bunga ini muncul ketika ia melihat tutorial cara merakit rak bunga di kanal YouTube. Agar usaha ini menghasilkan rupiah, Demerson mencoba merakit rak dengan desain unik. Salah satu yang ia buat adalah membuat rak bunga berbentuk sepeda onthel.

Ternyata ide kreatif Demerson ini bersambut. Banyak peminat memesan rak bikinan Demerson yang ia pasarkan melalui sosial media. Beruntung Demerson tak gagap teknologi (gaptek) sehingga hasil karyanya itu langsung ia pasarkan lewat facebook juga melalui WhatApp grup yang ada.

Demerson yang saya temui Kamis (29/7) lalu mengaku baru sebulan menggeluti usaha pembuatan rak bunga ini. Menurutnya, membuat rak bunga tidaklah sulit. Bahan bakunya pun mudah didapat. “Usaha ini saya jalani baru masuk satu bulan,” kata Demerson.

BACA JUGA: Kisah Pelaku Ekonomi Kecil yang Berjuang Mencari Peruntungan di Tengah Pandemi (1)

Untuk satu rak bunga berbentuk sepeda onthel, Demerson mengaku hanya memanfaatkan besi beton berukuran 10 mili sebanyak 2 staf dan cat. Lama pembuatan memakan waktu sehari. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu rak bunga sepeda onthel, Demerson mengaku membutuhkan modal sebesar Rp 300.000.

“Kalau sudah jadi, satu rak bunga sepeda onthel ini saya jual dengan harga Rp 400.000. Harganya murah meriah tapi berkualitas,” jelasnya.

Menurutnya, rak bunga ini cocok ditaruh di teras rumah atau pekarangan rumah. Tampilannya yang unik makin menambah keindahan halaman rumah. Apalagi rak ini dibuat dengan memperhatikan kualitas sehingga dijamin pasti konsumen akan merasa puas.

Selain yang berbentuk sepeda onthel, Demerson mengaku membuat juga rak-rak bunga aneka bentuk. Harganya pun bervariasi. Yang jelas harganya bersahabat, tak sampai merobek kantong si pembeli.

“Saya awalnya coba-coba saja, tapi ketika saya posting di facebook dan grup WhatsApp, ternyata ada yang tertarik untuk beli. Saat ini sudah terjual empat rak bunga sepeda onthel,” jelasnya.

Demerson mengaku, usaha yang digelutinya saat ini merupakan upaya memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga. Apalagi pandemi ini belum jelas kapan berakhirnya sehingga ia harus bekerja keras memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Jika ada yang mau beli, bisa langsung datang ke rumah atau bisa berkomunikasi di facebook saya bernama Demerson Boling. Prinsipnya saya akan berikan yang terbaik kepada konsumen,” janjinya. (*/habis)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

To Top