Penyidik Kejari TTU Limpahkan Berkas Kasus Korupsi DD Letneo Selatan ke Pengadilan Tipikor Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Penyidik Kejari TTU Limpahkan Berkas Kasus Korupsi DD Letneo Selatan ke Pengadilan Tipikor Kupang


SERAHKAN BERKAS. Kasi Pidsus Kejari TTU, Andrew Keya saat menyerahkan berkas perkara dan barang bukti dalam perkara Tipikor pengelolaan DD Letneo Selatan, Kecamatan Insana Barat, TTU TA 2017 – 2019 di PN Tipikor Kupang. (FOTO: Kejari TTU For TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Penyidik Kejari TTU Limpahkan Berkas Kasus Korupsi DD Letneo Selatan ke Pengadilan Tipikor Kupang


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Penyidik Kejaksaan Negeri Timor Tengah Utara (Kejari TTU) akhirnya melimpahkan berkas perkara kasus dugaan korupsi pengelolaan Dana Desa (DD) Letneo Selatan, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang untuk disidangkan.

Hasil penyelidikan dan penyidikan Tim Penyidik Kejari TTU menemukan bukti bahwa mantan Kepala Desa Letneo Selatan, Marsel Sanan terbukti melakukan penyelewengan pengelolaan DD selama tiga tahun anggaran berturut-turut, sejak 2017, 2018, dan 2019. Hal ini mengakibatkan adanya kerugian negara yang nilainya mencapai Rp 1,1 miliar.

“Kasus Korupsi Dana Desa Letneo Selatan juga sudah kita limpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang untuk disidangkan,” Ungkap Kasi Pidsus Kejari TTU, Andrew Keya kepada TIMEX, Sabtu (6/8).

BACA JUGA: Jaksa Tahan Mantan Kades Letneo Selatan, Pakai Dana Desa untuk Pinjaman Pribadi

Andrew menambahkan, dalam pelimpahan tersebut, Penyidik Kejari TTU juga melimpahkan tersangka tunggal yakni, mantan Kades Letneo Selatan, Marsel Sanan ke Pengadilan Tipikor Kupang.

Dengan demikian, lanjut Andrew, status tersangka tersebut pun ikut beralih menjadi tahanan hakim pada Pengadilan Tipikor Kupang.

Terkait jadwal sidang, lanjut Andrew, Pengadilan Tipikor Kupang menjadwalkan sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan yang digelar pada Senin (9/8) besok. “Sidang perdana untuk kasus korupsi Dana Desa Letneo Selatan akan dilangsungkan pada hari Senin (9/8) secara online dengan agenda sidang pembacaan dakwaan,” jelasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top