Kakanwil Bulog NTT: Pos Indonesia Sudah Distribusi Bantuan Beras PPKM 2021 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kakanwil Bulog NTT: Pos Indonesia Sudah Distribusi Bantuan Beras PPKM 2021


BANTUAN PPKM. Salah seorang KPM PKH di Kelurahan LLBK, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang menerina bantuan beras PPKM 2021 dari Kepala Kantor Pos Indonesia Kupang saat penyaluran belum lama ini. (FOTO: Istimewa)

KABAR FLOBAMORATA

Kakanwil Bulog NTT: Pos Indonesia Sudah Distribusi Bantuan Beras PPKM 2021


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Bantuan beras dalam masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) di wilayah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang sudah didistribusikan PT Pos Indonesia Kupang sejak tanggal 5 Agustus 2021 lalu. Seluruh bantuan beras yang ada di gudang Bulog sudah tersalurkan semua.

“Bantuan beras PPKM 2021 untuk KPM PKH Kota Kupang sudah keluar seluruhnya dari gudang Bulog sejak 30 Juli, sedangkan Kabupaten Kupang tanggal 5 Agustus lalu. Beras bantuan PPKM 2021 untuk dua daerah ini dicairkan oleh Kantor Pos selaku lembaga yang dipercaya pemerintah untuk menyalurkan kepada KPM PKH di dua daerah itu,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Perum Bulog NTT, Asmal saat dikonfirmasi TIMEX di ruang kerjanya, Senin (9/8) siang.

Mengenai penyaluran untuk KPM PKH di 20 kabupaten lainnya, menurut Asmal, pencairannya menjadi tanggung jawab Kantor Pos Indonesia yang ada di dareah bersangkutan. “Sesuai aturan, kami Bulog hanya menyediakan beras sedangkan pencairan dan penyalurannya ada di Kantor Pos Indonesia. Kami Bulog prinsipnya sudah menyediakan berasnya, soal kapan pencairannya tergantung Pos Indonesia,” tegas Asmal.

Khusus Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, kata Asmal, total beras bantuan PPKM 2021 yang sudah dicairkan PT Pos Indonesia Kupang sebanyak 59.136 ton.

“Beras PPKM 2021 untuk KPM PKH di Kota Kupang totalnya 22,518 ton, sedangkan Kabupaten Kupang Rp 36, 678 ton. Saya katakan semuanya sudah dikeluarkan dari gudang Bulog terakhir 5 Agustus untuk Kabupaten Kupang,” tegas Asmal.

Sebagaimana diberitakan sebelum, bantuan beras PPKM 2021 untuk KPM PKH di NTT yang disiapkan Perum Bulog wilayah NTT sebanyak 5.243 ton. Jumlah ini dialokasikan untuk 524.265 KPM di 22 kabupaten/kota se-NTT.

BACA JUGA: Bulog Launching Bantuan Beras PPKM 2021, Jatah untuk NTT 5.243 Ton

BACA JUGA: Launching Bansos Beras PPKM, Bupati Agus: Covid-19 Varian Delta Sudah Ada di Belu

BACA JUGA: Launching Bansos PPKM untuk 19.145 KPM, Bupati Paulina: Terimalah dengan Sukacita

Sementara Kepala Kantor Pos Indonesia Kupang, Yohanes Teguh ketika dikonfirmasi TIMEX melalui telepon selulernya menjelaskan, realisasi bantuan beras PPKM 2021 di dua daerah itu, sebagian besar sudah tersalurkan.

“Benar Pak (Wartawan, Red). Berasnya sudah cair seluruhnya dari gudang Bulog seperti kata Pak Kabulog. Jadi untuk Kota Kupang penyaluran bantuan beras PPKM 2021 sudah mencapai 80 persen, sedangkan Kabupaten Kupang sudah 90 persen. Kendalanya banyak masyarakat yang belum mengambil berasnya,” jelas Yohanes.

Mengenai penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai (BST), Yohanes mengakui bahwa penyaluran tahap dua per KPM senilai Rp 600 ribu untuk bulan Mei dan Juni 2021 baru dimulai sejak kemarin (9/8), dimulai dari Kecamatan Alak. “BST hari ini kami mulai bagi dari Kecamatan Alak akan dilanjutkan kecamatan lainnya sampai Sabtu. Mudah-mudahan selesai pada hari Sabtu (14/7) nanti,” katanya.

Yohanes menjelaskan, penyaluran dana BST baru dimulai pekan ini karena data dari pusat baru turun di Kantor Pos Jumat (6/7) akhir pekan lalu. “Data penerima BST memang baru turun dari pusat Jumat setelah itu kami masih koordinasi dengan pihak terkait makanya baru mulai salurkan pagi ini (99/8),” ucap Yohanes.

“Kami pastikan penyaluran BST dan sisa beras yang belum disalurkan akan tuntas semuanya dalam minggu ini untuk Kota Kupang karena kami jadwalkan penyaluran BST bersamaan dengan beras bantuan,” tambahnya. (ogi)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top