Satgas Covid-19 Kota dan Tim Patroli Kedepankan Persuasif dan Humanis | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Satgas Covid-19 Kota dan Tim Patroli Kedepankan Persuasif dan Humanis


EDUKASI. Tim Patroli Satgas Kota Kupang bersama aparat gabungan TNI/Polri melakukan edukasi bagi pemilik lapangan futsal di Kelurahan TDM agar tidak lagi melanggar protokol kesehatan, Rabu (11/8). (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Satgas Covid-19 Kota dan Tim Patroli Kedepankan Persuasif dan Humanis


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang telah memperpanjang Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV sampai 24 Agustus mendatang.

Bersamaan dengan itu, Tim Satgas Covid-19 Kota Kupang pun terus melakukan langkah penertiban membatasi aktifitas warga selama masa PPKM Level IV itu. Bekerjasama dengan aparat TNI/Polri, Tim Satgas Kota Kupang melakukan patroli rutin untuk menyadarkan dan menertibkan masyarakat yang melanggar atau tidak patuh dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Kupang, Alan Yoga Girsang mengatakan, selama melakukan operasi atau patroli bersama aparat TNI/Polri, mereka menemukan masih ada warga yang belum mematuhi prokes di masa PPKM.

Misalnya yang ditemukan Tim Satgas Covid-19 Kota Kupang ketika menemukan adanya aktifitas warga di lapangan futsal Jalan S. K. Lerik. Tindakan yang dilakukan tim patroli adalah menegur dengan pendekatan yang sangat persuasif agar pemilik lapangan futsal di Jalan S. K. Lerik itu bisa mematuhi prokes.

“Sesungguhnya tim sudah menyampaikan secara persuasif kepada pemilik lapangan futsal, tetapi ditanggapi secara emosional yang berlebihan,” kata Alan saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (12/8).

BACA JUGA: Buntut Insiden Kekerasan, Dandim TTU Ingatkan Babinsa Tegakkan Prokes secara Humanis

BACA JUGA: Tim Satgas Covid-19 Matim Tertibkan 2 Hajatan Pesta, Pendekatanya Humanis

Alan menjelaskan, sesuai edaran Wali Kota Kupang, sarana olahraga yang berpotensi menimbulkan kerumunan dilarang atau ditutup untuk sementara waktu. Tujuannya menghindari adanya penyebaran atau penularan virus korona ini.

Mantan Sekretaris Dinas Kominfo Kota Kupang ini mengatakan bahwa Wali Kota Kupang sudah memperpanjang surat edaran atau instruksi untuk penerapan PPKM Level IV. Dan saat ini merupakan perpanjangan kali kedua. Karena itu, Alan meminta kepada seluruh warga Kota Kupang untuk mematuhi edaran pemerintah itu, bukan sebaliknya sengaja mengabaikan aturan itu dengan dalih tidak tahu ada edaran Wali Kota terkait PPKM Level IV itu.

Mantan Kabag Hukum Setda Kota Kupang ini menambahkan, selama ini dalam bertugas, Tim Satgas bersama tim patroli malam selalu bersikap sopan, humanis, dan lebih mengutamakan edukasi kepada para pelaku usaha. Mereka yang kedapatan melanggar prokes, tim berusaha memberi peringatan baik secara lisan maupun tulisan.

Seperti yang terjadi juga saat patroli malam pada Rabu (11/8), tim memberikan teguran kepada pemilik lapangan futsal yang berada di Kelurahan TDM. Teguran itu diterima secara baik oleh pemilik lapangan futsal, walaupun yang bersangkutan belum mengetahui adanya perpanjangan edaran Wali Kota tentang PPKM Level 4 hingga 24 Agustus 2021.

Jadi perlu disampaikan bahwa tim satgas bekerja secara profesional berdasarkan aturan dengan mengedepankan pendekatan secara humanis dan persuasif, tapi tegas. Dan berlaku untuk semua pelaku usaha yang berada d wilayah Kota Kupang. (mg25)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top