Kemendikbusristek Buat Konsep Baru Permudah Pengembangan Karir Dosen | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kemendikbusristek Buat Konsep Baru Permudah Pengembangan Karir Dosen


Dirjen Dikti Kemenristekdikti, Nizam. (FOTO: ISTIMEWA)

PENDIDIKAN

Kemendikbusristek Buat Konsep Baru Permudah Pengembangan Karir Dosen


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek membuat konsep baru dalam program sertifikasi dosen (Serdos). Adapun, konsep baru tersebut adalah SMART (Simple, Modern-more innovative, Accountable, Responsive, Transparent).

Plt Dirjen Diktiristek, Nizam menyampaikan bahwa pihaknya bersama Ditjen Pendidikan Vokasi berupaya untuk meningkatkan kualitas dosen di Indonesia dengan memberikan layanan terbaik kepada para dosen dalam berkarya.

“Karena dosen itu juga passion-nya beragam. Tidak semua dosen hobinya di laboratorium. Ada yang hobinya berkarya di industri, mengabdi kepada masyarakat, memberdayakan masyarakat. Ada yang hobinya membuat catatan kuliah yang mudah diikuti oleh mahasiswa. Nah, semua ruang itu tentu sangat penting,” ungkap dia dikutip, Minggu (15/8).

Nizam menekankan bahwa dalam Tridarma Perguruan Tinggi, esensi ketiganya adalah pendidikan. Oleh karena itu, dalam pengembangan karier dosen melalui serdos ini membuka ruang-ruang dalam Tridarma tersebut.

Artinya ketiga darma tidak didiskrimasi satu dengan yang lain dan diberi ruang yang setara. Di sisi lain, adanya transformasi serdos ini juga untuk menyederhanakan dalam proses administrasi yang selama ini membebani dosen.

Lebih jauh, Nizam menjelaskan bahwa bobot penilaian dalam serdos ini sesuai dengan passion yang dimiliki oleh para dosen. “Bobot penilaian sesuai dengan passion dosen, baik pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Ketiganya dalam konteks mendidik mahasiswa menjadi generasi unggul. Sehingga dari masing bobot tersebut kita setarakan,” katanya.

Terakhir, Nizam berharap inovasi serdos ini dapat memberikan layanan yang SMART untuk para dosen dan mendorong para dosen untuk berkinerja lebih baik lagi sesuai dengan minatnya, sehingga bisa melahirkan SDM unggul dari perguruan tinggi.

Sebagai informasi, Serdos SMART merupakan bentuk inovasi layanan sertifikasi pendidik untuk dosen, yang menghadirkan pola dan mekanisme baru yang terintegrasi dengan mengedepankan aspek komitmen profesional, nilai-nilai budaya akademik, kejujuran dan integritas semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaanya.

Selain itu, Serdos SMART memberikan kemudahan dan penyederhanaan dalam tahapan pelaksanaan dan penilaiannya, tahap penilaian persyaratan/empiris, penilaian persepsional, dan penilaian personal. (jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top