Dinas P dan K NTT Raih Kategori A Capaian Kinerja | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinas P dan K NTT Raih Kategori A Capaian Kinerja


APEL KINERJA. Kepala Dinas P dan K NTT, Linus Lusi (kiri) saat memimpin apel kinerja jelang HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Alun-alun I. H. Doko, Dinas P dan K NTT, Senin (16/8) pagi. (FOTO: ISTIMEWA)

PENDIDIKAN

Dinas P dan K NTT Raih Kategori A Capaian Kinerja


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P dan K) Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd., M.Pd menciptakan tradisi baru di lembaga itu menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Tradisi baru yang dilakukan Dinas P dan K NTT itu adalah melakukan apel kinerja jelang HUT RI. “Ini merupakan tradisi baru dilingkup Pemprov NTT menjelag HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Sebelumnya kita dengar pidato kenegaraan RI oleh presiden maupun pidato oleh gubernur dan bupati/walikota saat perayaan HUT kemerdekaan. Dinas P dan K NTT secara internal melakukan apel kinerja menjelang 17 Agustus bersama para staf untuk mendengar sambutan kinerja selama setahun oleh internal maupun sekolah-sekolah,” ungkap Linus saat memimpin apel kinerja di Alun-alun I. H. Doko, Dinas P dan K NTT, Senin (16/8) pagi.

Saat memberi sambutan, Linus Lusi dihadapan peserta apel mengatakan, mulai tahun ini, menjelang 17 Agustus, pihaknya menciptakan tradisi baru yang diberi nama sambutan kadis terhadap kinerja selama setahun disektor pendidikan dalam mengisi kemerdekaan,” jelas Linus dalam keterangan tertulisnya kepada TIMEX, Senin (16/8).

Menurut Linus, perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini bukan semata-mata bermakna historis-simbolik, melainkan sebuah momentum bersejarah yang menginspirasi dan mendorong semua komponen untuk bekerja lebih keras mewujudkan kemajuan di masa depan.

“Sebagai bangsa pejuang, kita tidak pernah berhenti bertarung demi memperoleh harkat dan martabat sebagai bangsa yang merdeka, yang sejajar atau bahkan melebihi bangsa-bangsa lain,” ujarnya.

Linus menyebutkan, dalam penilaian kinerja pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov NTT tahun 2020 Nomor: 065/32/Bo3.1 tanggal 13 Juli 2021, tim penilai yang terdiri dari Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Umum, Plt Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah, Inspektur Provinsi NTT, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kepala Badan Keuangan Daerah dan Bapelitbangda, memberi nilai 90,51 dengan rangking 7 untuk Dinas P dan K NTT. “Ini merupakan predikat sangat baik atau kategori A dari 39 OPD yang ada di lingkup Pemprov NTT,” sebut Linus.

Linus mengatakan, kinerja lembaga ini mengacu pada variabel penilaian terhadap OPD, meliputi reformasi birokrasi, TLHP, nilai-nilai capaian kinerja, dan realisasi anggaran (APBD/APBN).

“Prestasi tersebut dengan melihat ruang lingkup kerja yang luas karena melayani guru dan tenaga kependidikan sebanyak 28.863 orang untuk memintarkan para siswa sebanyak 87.958,81 orang rersebar di 903 sekolah. “Prestasi ini berkat kerja keras dari semua unsur dengan perannya masing-masing,” kata mantan Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) Provinsi NTT ini.

Linus mengungkapkan, raihan prestasi ini semakin memperkokoh konsep kerja kolaboratif dengan supertim dengan menerapkan manajemen talenta. Seperti memperhatikan orentansi tindakan dengan menetapkan target, mengatasi masalah, bertanggung-jawab dan melakukan tindaklanjut. Juga membangun komunikasi lisan dan tertulis secara baik dan mendengar secara baik.

Linus dalam kesempatan itu juga meminta jajarannya untuk bekerja menghasilkan inovasi sebagai bekal menghadapi situasi kekiniaan, memiliki kemampuan teknis fungsional yang kuat, dan memiliki interpersonal yang efektif. “Karena itu mutlak memiliki kepercayaan diri dan kepekaan diri dalam tim kerja,” ucapnya. (aln)

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top