Tingkatkan Layanan Publik, PN Oelamasi Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tingkatkan Layanan Publik, PN Oelamasi Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum


VAKSINASI. Sejumlah warga sementara mengantri untuk menerima vaksin di kantor PN Oelamasi, Kabupaten Kupang, Jumat (20/8). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Tingkatkan Layanan Publik, PN Oelamasi Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Memeriahkan momentum HUT ke-67 Mahkamah Agung RI, Pengadilan Negeri (PN) Oelamasi, Kabupaten Kupang melaksanakan vaksinasi massal untuk masyarakat umum. Pelayanan vaksinasi ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan PN Oelamasi.

Ketua PN Oelamasi, Erianto Siagian, SH, MH., mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PN Oelamasi dalam menyukseskan program vaksinasi yang adalah program pemerintah sekaligus ikut meningkatkan pelayanan publik. Guna menyukseskan kegiatan ini, pihak PN Oelamasi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, khususnya Puskesmas Naibonat.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang melalui Puskesmas Naibonat atas kerja sama menyukseskan program vaksinasi ini,” ungkap Erianto Siagian di Oelamasi, Jumat (20/8).

Erianto menyebutkan, dalam kegiatan vaksinasi ini, jenis vaksin yang diberikan kepada masyarakat adalah AstraZeneca untuk suntikan dosis pertama. Kegiatan vaksinasi menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Tidak terjadi kerumunan warga, karena panitia telah mengatur secara baik.

“Semoga ke depannya kerja sama ini terus berjalan dengan baik,” harap Erianto saat memberikan cinderamata kepada Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, dr. Kuji Riwu Kaho. Cinderamata ini sebagai ungkapan terima kasih atas kerja sama yang baik sehingga kegiatan vaksinasi di PN Oelamasi bisa terselenggara baik, Jumat (20/8).

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Vaksinasi, Hendra Purba mengatakan, gelaran vaksinasi untuk masyarakat umum ini bertujuan meningkatkan pelayanan publik, khususnya kepada masyarakat Kabupaten Kupang.

“Ini menunjukkan kepedulian kami dari Pengadilan Negeri Oelamasi untuk percepatan vaksinasi secara nasional, khususnya di Kabupaten Kupang. Selain itu, vaksinasi ini merupakan bentuk ucapan syukur dalam rangka HUT ke-67 Mahkamah Agung RI,” jelas sosok yang juga hakim di PN Oelamasi ini.

Sasaran vaksinasi, kata Hendra –sapaan akrabnya, bukan hanya warga di Kabupaten Kupang, tapi ada juga beberapa warga dari Kota Kupang, Kabupaten TTU, dan TTS yang belum menerima pelayanan vaksin di daerah mereka masing-masing. Mereka diizinkan mendapatkan pelayanan vaksin yang digelar oleh PN Oelamasi.

” Pendaftaran untuk terima vaksin secara online melalui link yang dibagikan di media sosial dan website. Peserta tinggal mendaftar. Setelah itu nama sudah terdaftar di dalam sistem Pengadilan Negeri Oelamasi Kupang,” ungkapnya.

Menurut Hendra, untuk vaksin tahap pertama ini digelar di PN Oelamasi, nanti vaksinasi tahap II dilaksanakan di Puskesmas Naibonat. Target penerima vaksin sebanyak 200 orang, tapi karena antusias masyarakat yang begitu tinggi sehingga ditambah lagi 20 orang, sehingga total penerima vaksinasi sebanyak 220 orang.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, dr. Kuji Riwu Kaho menjelaskan, vaksinasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membebaskan masyarakat dari pandemi Covid-19.

“Kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang diajak kerja sama untuk menyukseskan kegiatan vaksinasi ini. Kami pun sangat menyambut baik. Ini sejalan dengan apa yang kami harapkan supaya semua pihak membantu kami menyukseskan program vaksinasi massal,” ungkapnya.

Menurut dr. Kuji, dalam kegiatan ini, tenaga kesehatan yang terlibat sebanyak 10 orang. Semuanya dari Puskesmas Naibonat. “Kami sangat berharap masyarakat dapat berpartisipasi untuk menerima vaksin yang disediakan oleh faskes. Ketika kita mau menerima vaksin, maka itu merupakan suatu bentuk peduli untuk segera memutus mata rantai penularan Covid-19,” ungkapnya.

Dokter Kuji juga menjelaskan bahwa sasaran penerima vaksin untuk masyarakat Kabupaten Kupang ada 257.000 orang. Sejauh ini, sudah 73.000 warga Kabupaten Kupang yang menerima suntikan vaksin, baik tahap pertama maupun kedua. “Kami targetkan hingga akhir tahun ini semua masyarakat sudah vaksin,” kata dr. Kuji.

Terpisah, Munawir Badaruddin, 32, warga RT 17/RW 04, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, salah satu penerima vaksin di PN Oelamasi mengaku bahwa pelayanan vaksinasi ini sangat cepat dan tepat. “Kami antri tidak lama. Pelayanannya juga sangat baik,” ujarnya.

Sementara Husen Abubakar, usai menerima vaksin di PN Oelamasih mengaku pelayanan vaksinasi seperti ini sangat membantu masyarakat. Program-program seperti ini sebagai wujud mendekatkan sekaligus mempermudah pelayanan kepada masyarakat. (mg22)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top