Tinjau Pembangunan Puskesmas Mamba, PPK Beber Pogres Fisiknya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tinjau Pembangunan Puskesmas Mamba, PPK Beber Pogres Fisiknya


TINJAU PROYEK. PPK Pembangunan Puskesmas Mamba, Salomon Ivan Saka saat meninjau progres pembangunan Puskesmas Mamba di Desa Paan Waru, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Matim, Kamis (19/8). (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Tinjau Pembangunan Puskesmas Mamba, PPK Beber Pogres Fisiknya


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Mewujudkan pembangunan bidang kesehatan di Kabupaten Manggarai Timur (Matim), tahun ini Pemerintah setempat membangun dua sarana pendukung, yakni pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) di Kecamatan Congkar, dan gedung Puskesmas Mamba, di Desa Paan Waru, Kecamatan Elar Selatan. Khusus pembangunan gedung Puskesmas Mamba ini, progres fisiknya telah mencapai 25 persen.

Terpantau, Kamis (19/8) siang, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk pembangunan Puskesmas Mamba, Salomon Ivan Saka, turun memantau langsung aktifitas pekerjaan gedung Puskesmas tersebut. Disana, konstruksi bangunan sudah mulai dibangun. Semua material proyek lengkap adanya.

“Untuk pembangunan Puskesmas Mamba ini, progresnya sudah mencapai 25 persen. Kami hampir setiap Minggu berada di lokasi proyek untuk memastikan progresnya,” jelas Ivan.

Ivan mengatakan, dalam pembangunan Puskesmas Mamba itu, terdapat sejumlah item pekerjaan. Diantaranya pembangunan gedung Puskesmas Mamba, rumah dinas puskesmas, pembangunan sumur bor, dan juga pembangunan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL).

Khusus pembangunan gedung Puskesmas Mamba, kata Ivan, biayanya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler tahun 2021. Nilai kontrak pekerjaan sebesar Rp 8.990.764.700 dengan kontraktor pelaksananya, PT Cahaya Putra Sampurna. Sementara masa kontraknya adalah 180 hari kelender terhitung dari 2 Juli hingga 29 November 2021.

Sementara untuk pembangunan rumah dinas Puskesmas Mamba, lanjut Ivan, sumber biayanya juga dari DAK Reguler dengan nilai kontrak sebesar Rp 341.988.400. Rekanan atau kontraktor pelaksana, yakni CV Tuak Mandiri. Waktu pelaksanaan 150 hari kelender, terhitung dari 2 Juli hingga 29 Desember 2021.

“Khusus untuk pembangunan gedung Puskesmas dan juga pembangunan rumah dinas, boleh dibilang progresnya sudah melebihi target yang ditentukan. Seharusnya sesuai target kami, pekerjaan di minggu ke-7 ini berada di 19,8 persen, namun kini sudah melampaui target, yakni 25 persen,” beber Ivan.

Sedangkan progres pembangunan rumah dinas puskesmas, jika merujuk pada target awal, pada pekan ke-7 ini harusnya mencapai 30 persen. Namun fakta lapangan, saat ini progresnya melampaui target dimana sudah 60 persen.

Menurut Ivan, saat ini material untuk proyek pembangunan itu semuanya on site di lokasi. Dia pun mengapresiasi kinerja kontraktor pelaksana.

“Kami selalu berharap dan meminta kepada kontraktor, untuk mengerjakan sesuai dengan spesifikasi. Mengutamakan kualitas. Sehingga tidak berdampak merugikan masyarakat. Kami juga berharap, pembangunan semua item tepat waktu. Tapi kontraktor ini sudah berpengalaman kerja Puskesmas,” sebut Ivan.

Pelaksana lapangan PT Cahaya Sempurna, Budiman Manurung, saat ditemui dilokasi proyek mengatakan, pembangunan Puskesmas Mamba itu dilaksanakan pada Juli 2021. Hingga kini sudah berjalan tujuh pekan.

“Awalnya kita mulai dengan menggali tanah dengan kedalaman mencapai 7 meter. Hingga mendapatkan tanah cadas, baru dimulai dengan pembangunan pondasi. Kini proses menuju cor bagian tiang untuk lantai dua,” katanya.

Budiman mengatakan, pihaknya optimistis pembangunan Puskesmas Mamba ini rampung tepat waktu. “Memang ada sedikit kendala, karena di wilayah proyek itu belum ada listrik PLN. Sehingga pihak bekerja menggunakan generator. Pengambilan air juga jaraknya sedikit jauh. Tapi kami jamin pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Kami siap memberikan yang terbaik dari apa yang diharapkan bersama. Tentu, kualitas itu yang menjadi utama,” jamin Budi. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top