Mitsubishi Xpander Masih Cemerlang di Pasar Indonesia | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Mitsubishi Xpander Masih Cemerlang di Pasar Indonesia


PRODUK ANDALAN. Mitsubishi Xpander (termasuk varian Xpander Cross) menjadi mobil laris di Indonesia. Kontribusi penjualannya mencapai lebih dari 50 persen. (FOTO: Dok. MMKSI/JawaPos.com)

BISNIS

Mitsubishi Xpander Masih Cemerlang di Pasar Indonesia


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Mitsubishi Xpander membuat Mitsubishi Indonesia menjadi penyumbang terbesar penjualan Mitsubishi di dunia. Di Indonesia, Mitsubishi Xpander jadi tulang punggung penjualan Mitsubishi di Tanah Air.

Banyak faktor yang membuat Mitsubishi Xpander jadi mobil MPV yang kompetitif di pasar Low MPV. Padahal saat ini masih ada Low MPV lain yang harganya jauh di bawah Mitsubishi Xpander. Namun jumlah masyarakat yang memilih Xpander sangat besar.

Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross tergolong model yang paling diburu konsumen. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Desain eksterior, kelapangan kabin, fitur, dan harga jual kembali menjadi alasan model ini tetap laris di pasaran.

Menurut catatan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), data penjualan di Juli 2021 mempunyai hasil positif. Yaitu alami kenaikan 4,8 persen dibanding bulan sebelumnya.

Total penjualan retail Mitsubishi bulan Juli mencapai 9.122 unit. Bila dirinci 6.080 unit untuk kendaraan penumpang, dan niaga ringan 3.042 unit.

Dibanding data Juli 2020 (3.114 unit) penjualannya melonjak signifikan. Secara nasional, capaian tersebut membuat pangsa pasar pabrikan tiga berlian tembus 15,4 persen.

Produk yang menjadi andalan adalah Mitsubishi Xpander (termasuk varian Xpander Cross) belum tergantikan. Kontribusi penjualannya mencapai lebih dari 50 persen.

Penjualan retail Xpander (termasuk Xpander Cross) tercatat 4.569 unit. Pada segmen Low MPV, jagoan Mitsubishi di Indonesia ini menjadi pemimpin pasar, dengan market share lebih dari 37 persen. Bila dibanding Juni yang hanya 1.704 unit (wholesales), kenaikannya kurang lebih di mencapai 168,13 unit.

Di Indonesia, Mitsubishi Xpander dipatok dengan harga Rp 277,9 juta – Rp 283,8 juta. Sedangkan Mitsubishi Xpander Cross dipasarkan Rp 276,5 juta – Rp 312,6 juta. Harga tercantum merupakan harga per Agustus 2021.

“Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model ini, dibuktikan dengan peningkatan penjualan dan pangsa pasar di segmennya,” ujar President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura dalam keterangan resminya.

Sementara Mitsubishi L300 terjual 2.066 unit, dan berkontribusi 22,6 persen dari total pencapaian. L300 mempertahankan posisi sebagai pemimpin segmen Small Pick-Up 4×2 dengan pangsa pasar lebih dari 66 persen.

Diikuti Mitsubishi Pajero Sport dengan kontribusi 16,3 persen atau terjual 1.489 unit. Pajero Sport raup 37 persen pangsa pasar di segmen Medium SUV 2.500 CC (4×2 dan 4×4).

Lalu Mitsubishi Triton mempertahankan posisi sebagai pemimpin Pick-Up 4×4, dengan pangsa pasar lebih dari 61 persen, dengan total penjualan 947 unit.

“Hampir semua varian Xpander maupun Xpander Cross mengalami peningkatan demand, namun yang paling tinggi Mitsubishi Xpander Ultimate dan Mitsubishi Xpander Cross yang premium,” pungkas Naoya. (jpc/jpg)

Komentar

Berita lainnya BISNIS

To Top