Uskup Atambua Resmikan Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera, Bupati Belu Bangga | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Uskup Atambua Resmikan Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera, Bupati Belu Bangga


RESMIKAN KANTOR. Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr bersama Bupati Belu, Agustinus Taolin, Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Jr, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, dan Kejari Belu Alfons G. Loemau, melepaskan burung merpati sebagai tanda peresmian Kantor Credit Union (CU) Kasih Sejahtera Atambua, Jumat (20/8). (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Uskup Atambua Resmikan Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera, Bupati Belu Bangga


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Koperasi Credit Usaha (CU) Kasih Sejahtera Keuskupan Atambua, resmi memiliki kantor pusat yang di sebut rumah pemberdayaan.

Gedung kantor pusat CU Kasih Sejahtera ini terletak di lokasi yang sangat strategis, tepatnya di jantung kota, Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Berdao, Kecamatan Kota Atambua.

Gedung mewah berlantai empat ini diresmikan penggunaannya tepatnya di hari ulang tahun (HUT) ke XIV CU Kasih Sejahtera Atambua. Peresmian gedung itu dilakukan langsung Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr bersama Bupati Belu, Agustinus Taolin serta Pengurus Puskop CU Kasih Sejahtera Indonesia Marselus Sunardi, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, pada Jumat (20/8).

Rangkaian acara peresmian ini ditandai pelepasan burung merpati, balon gas, dan peninjauan gedung kantor pusat CU Kasih Sejahtera Atambua. Ada juga acara pemotongan kue tumpeng HUT ke XIV CU Kasih Sejahtera dan misa syukur dipimpin langsung Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr.

Sejumlah pejabat penting di Belu hadir dalam kegiatan peresmian bertema “Kita Tingkatkan Kiprah CUKS sebagai Ragi dan Garam dalam Inovasi Pemberdayaan Tiada Henti di Wilayah Keuskupan Atambua”. Diantaranya Bupati Belu Agustinus Taolin, Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Jr, Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh, Dandim 1605/Belu Letkol Inf Wiji Untoro, Kejari Belu Alfons G. Loemau, serta pejabat yang mewakili Bupati TTU dan Bupati Malaka juga delegasi anggota.

Demi mencegah penyebaran Covid-19, sehari sebelum acara peresmian semua panitia dan para undangan menjadi pemeriksaan dengan rapid test antigen. Sehari sebelum peresmian, juga digelar seminar dan pemutaran film pendek tentang sejarah serta kiprah CU dan bedah buku.

Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr dalam pesannya mengatakan, peresmian gedung kantor baru merupakan perjalanan sejarah CU Kasih Sejahtera selama 14 tahun hadir di Atambua. Koperasi ini beroperasi di wilayah Keuskupan Atambua meliputi Kabupaten Belu, Malaka, dan TTU.

Uskup Dominikus mengatakan, peresmian kantor CU ini dapat dimaknai bukan hanya diwarnai air mata tapi juga dihiasi dengan suka cita atas keberhasilan yang dicapai.

Uskup Dominikus berpesan agar CU Kasih Sejahtera menjadi rumah pemberdayaan anggota. CU Kasih Sejahtera menjadi lembaga yang membimbing, menuntun, menyediakan, dan menyalurkan kesejahteraan bagi anggotanya.

Uskup Atambua mengapreasiasi apa yang telah dilakukan pengurus dan manejemen CU, khususnya pelatihan dan pemberdayaan. Ini merupakan sesuatu yang membanggakan. Banyak kemajuan di CU Kasih Sejahtera. Untuk itu tingkatkan kerja sama dan kepercayaan terhadap anggota. Banyak terobosan produk yang diambil, kinerja keuangan juga baik termasuk membangun kantor pusat CU Kasih Sejahtera sebagai rumah pemberdayaan.

“Saya pesan kepada pengurus, lanjutkan pekerjaan baik ini untuk Tuhan dan sesama. Petugas fokus masuk akses branding dampingi kelompok. Saat ini Keuskupan buka akses, benahi dan tingkatkan pendapatan kelompok yang ada,” tandasnya.

Uskup Dominikus menambahkan, Keuskupan Atambua bersama karitas KWI sedang membuka proyek di Kabupaten Malaka, yakni proyek pengembangan lahan pisang untuk pupuk cair yang butuh 100 ton pisang masak di pohon per produksi. Tentunya komunitas basis harus disiapkan untuk mendukung program ini.

Ia juga berpesan CU Kasih Sejahtera akan membuka lagi cabang KP Mutis di Miomaffo Barat Kabupaten TTU. Gerakan pemberdayaan ekonomi umat harus disiapkan.

“Bulan depan buka lagi satu cabang di TTU, namanya KP Mutis dan kita butuh labu jepang 20 ton di wilayah ini, sehingga petugas CU silakan kelola. Itu pesan saya,” tegas Uskup Dominikus.

Sementara Bupati Belu, Agustinus Taolin mengaku bangga dan bersyukur hadirnya gedung mewah berlantai empat di Atambua. Gedung ini sebagai kantor Pusat CU Kasih Sejahtera Atambua. Dengan kekuatan anggota berjumlah 36 ribu yang tersebar di Belu, TTU, dan Malaka, tentunya membantu menggerakan ekonomi masyarakat kecil terutama anggota untuk hidup lebih sejahtera.

Bupati Agus mengajak masyarakat di Belu juga TTU dan Malaka segera bergabung menjadi anggota CU Kasih Sejahtera. Kehadirannya sudah terbukti memberdayakan ekonomi keluarga bisa menjadi keluarga sejahtera.

“Jadi pemerintah sangat menaruh perhatian dan berterimakasih kepada Bapak Uskup, para pastor serta seluruh pengurus CU Kasih Sejahtera yang sudah hadirkan CU di sini, ” tandasnya.

Bupati Agus berjanji, ke depan terus mendorong CU Kasih Sejahtera. Menggerakan kelompok-kelompok kecil yang ada di pelosok desa agar lebih baik lagi ke depan. Sebab melalui CU masyarakat bisa terbantu akan meningkatnya ekonomi keluarga.

Ia juga mengapresiasi kinerja panitia pembangunan gedung kantor pusat CU yang sudah melakukan efisiensi anggaran luar biasa. Bisa jadi duta konsultan karena gedung empat lantai bisa menghemat hingga 30 persen. Ia berpesan gedung mewah ini bisa di sewakan bisa untuk swasta dan pemerintah.

“Ke depan para kepala desa harus datang untuk belajar di CU. Tidak perlu studi banding jauh-jauh, datang belajar di sini, CU luar biasa program pemberdayaannya,” tandasnya. (mg33)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top