Warga Desa Kakaniuk Nikmati Internet Gratis BAKTI Kemenkominfo | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Warga Desa Kakaniuk Nikmati Internet Gratis BAKTI Kemenkominfo


INTERNET GRATIS. Pemerintah dan masyarakat Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka sudah bisa menikmati internet gratis bantuan BAKTI Kemenkominfo. (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

OTO & TEKNO

Warga Desa Kakaniuk Nikmati Internet Gratis BAKTI Kemenkominfo


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Warga Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka akhirnya bisa menikmati internet gratis bantuan dan hasil kerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia.

Pembangunan infrastruktur melalui internet gratis merupakan upaya pemerintah untuk mendukung akselerasi nasional, mengingat banyak daerah yang belum terjangkau akses internet cepat seperti WiFi.

Kepala Desa Kakaniuk, Petronela Luruk kepada wartawan di sela-sela kegiatan pemasangan internet gratis Senin (6/9/2021) mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka, khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika yang terus berkoordinasi dengan Kemenkominfo sehingga masyarakat bisa menikmati akses telekomunikasi seperti ini.

“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah yang terus berjuang untuk memajukan kehidupan masyarakat dan salah satunya melalui ketersediaan infrastruktur telekomunikasi yang membuat warga bisa menikmatinya secara gratis,” ujar kepala desa yang sudah menjabat dua periode ini.

Mantan pegiat LSM ini menambahkan, bantuan internet gratis ini diperoleh karena pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Malaka, khususnya terkait terbatasnya jaringan internet di wilayah desa itu.

“Selama ini kami terus lakukan komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Kominfo Malaka untuk membantu akses internet dan jaringan karena memang daerah kami sangat terbatas. Syukur bahwa kami mendapat jawaban dengan bantuan internet yang sekarang langsung menyentuh kehidupan masyarakat,” katanya.

Menurut Petronela, infrastruktur internet gratis yang dipasang di area kantor desa, selain untuk kegiatan pemerintahan tapi juga terbuka bagi masyarakat umum untuk mengakses informasi. Internet gratis ini juga diperuntukkan bagi para siswa taua pelajar berkaitan dengan tugas-tugas yang berikan guru dan dosen di masa pandemi, dimana pembelajarannya dilakukan secara online.

“Salah satu hal yang membanggakan adalah di masa pandemi Covid-19, kami mendapat bantuan internet gratis yang memudahkan kami untuk mengakses informasi dan kegiatan yang berkaitan dengan pemerintahan dan pembangunan di desa. Juga terbuka kesempatan untuk masyarakat umum dan anak sekolah yang sekarang kegiatannya dilakukan secara daring atau online,” ungkap ibu dua putera ini.

Kepala Dinas Kominfo Malaka, Brinsyna Elfrida Klau melalui Kabid Pengelola Informasi dan Komunikasi Publik, Yohanes Klau ketika dimintai komentarnya mengemukakan bahwa usulan Dinas Kominfo kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kominfo terus dibangun dengan data-data yang akurat.

“Tahun ini ada beberapa tempat pelayanan publik seperti kantor desa dan sekolah di Malaka yang mendapat bantuan internet gratis. Pada tahun-tahun mendatang pasti akan terus ada bantuan sesuai data yang kita usulkan karena kebutuhan internet gratis di wilayah Indonesia ini cukup banyak dan luas sehingga mesti bertahap,” jelasnya.

Brinsyna menambahkan, internet gratis ini usulan tahun 2020 dari Dinas Kominfo Malaka melalui aplikasi BAKTI Kominfo sebanyak 585 titik seluruh Malaka.

Dari usulan tersebut, Kemenkominfo menyetujui sebanyak 26 titik untuk pemasangan gelombang pertama dan menyusul 18 titik pada pemasangan gelombang kedua. Totalnya mencapai 44 titik di tahun 2021. Sementara penentuan persetujuan pemasangan titik akses internet gratis itu merupakan kewenangan mutlak BAKTI Kominfo.

Salah satu warga Desa Kakaniuk, Emanuel Tae ketika dimintai komentarnya secara terpisah mengaku senang dan bangga dengan bantuan ini. Apalagi masyarakat umum bisa menikmatinya secara gratis.

“Semoga internet gratis ini memberikan manfaat bagi masyarakat umum untuk bisa mengakses dan menggunakannya untuk keperluan dan kebutuhan informasi serta komunikasi. Hal ini tentunya bisa memberikan dampak yang sangat positif bagi kemajuan dan perkembangan kehidupan masyarakat di desa,” tuturnya.

Sebagai informasi, pihak penyedia sementara ini sedang melakukan pemasangan internet gratis yang langsung dihubungkan dengan satelit dan akan dimanfaatkan dan dinikmati masyarakat umum. Masyarakat dimudahkan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan seluruh aktivitas dan konten-konten pembangunan di wilayah Republik Indonesia. (mg30)

Komentar

Berita lainnya OTO & TEKNO

To Top