Pemkab TTU Siap Vaksinasi Anak dan Ibu Hamil | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pemkab TTU Siap Vaksinasi Anak dan Ibu Hamil


Kadis Kesehatan TTU, Thomas Laka. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pemkab TTU Siap Vaksinasi Anak dan Ibu Hamil


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (Pemkab TTU) siap melaksanakan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 12-17 tahun dan ibu hamil dalam bulan ini.

Dinas Kesehatan Kabupaten TTU telah menyiapkan stok vaksin khusus untuk anak dan ibu hamil. Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di setiap sekolah dan juga di Puskesmas masing-masing wilayah.

Kepala Dinas Kesehatan TTU, Thomas Laka kepada TIMEX, Minggu (12/9) mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah tenaga kesehatan yang akan bertugas melakukan vaksinasi di sejumlah sekolah dan Puskesmas yang menjadi sasaran pelayanan vaksinasi Covid-19.

“Dalam bulan ini kita sudah memberikan pelayanan vaksin Covid-19 kepada anak-anak dan ibu hamil di Kabupaten TTU. Kita sudah siapkan stok vaksin dan tenaga kesehatan untuk melakukan vaksinasi,” ungkap Thomas.

Thomas menambahkan, untuk memastikan jumlah target anak yang akan divaksin, pihaknya telah melakukan tatap muka bersama seluruh kepala sekolah se-Kabupaten TTU.

“Kita sudah tatap muka bersama seluruh kepala sekolah di Kabupaten TTU untuk kita sepakati jumlah sasaran yang akan kita cover pada minggu kedua ini, vaksin ini untuk anak sekolah dari SMP sampai SMA, ” ujarnya.

Sementara terkait teknis pelaksanaan, lanjut Thomas, saat ini pihaknya sedang menyiapkan jadwal untuk pelayanan vaksinasi bagi anak sekolah dan ibu hamil. “Kemarin tim dari Dinas Kesehatan bersama Korwas telah sepakat, untuk itu saat ini kita sedang menyusun jadwalnya. Kalau terkait stok vaksin untuk saat ini tidak ada persoalan,” terangnya.

Thomas menjelaskan, syarat untuk anak sekolah mendapatkan pelayanan vaksinasi, diperlukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi anak yang sudah memilikinya.

Sedangkan syarat bagi anak yang belum memiliki KTP, tambahnya, wajib membawa Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat mutlak untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi.

“Untuk lokasi pelaksanaan kita akan fleksibel, kita akan menyesuaikan dengan kondisi sekolah, karena ini menggunakan sistem online, maka harus ada sinyal di sekolah, karena setelah divaksin harus dilaporkan ke pusat untuk proses sertifikasi penerima sasaran, apabila di sekolah itu tidak ada sinyal, maka akan kita pusatkan di puskesmas setempat,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Baca koran edisi : 19 Desembar 2021

Populer

To Top