TNI-Warga Gotong Royong Bangun Tempat Ibadah di Insana Barat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

TNI-Warga Gotong Royong Bangun Tempat Ibadah di Insana Barat


GOTONG ROYONG. Prajurit TNI dari Kodim 1618/TTU bersama masyarakat Desa Usapinonot, Kecamatan Insana Barat bergotong-royong membangun tempat ibadah di wilayah setempat. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

TNI-Warga Gotong Royong Bangun Tempat Ibadah di Insana Barat


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Personil Kodim 1618/TTU bersama warga Desa Usapinonot, Kecamatan Insana Barat bergotong-royong membangun rumah ibadah Kapela Santo Andreas di wilayah itu.

Keterlibatan TNI dalam pembangunan tempat ibadah bagi umat Kristiani tersebut merupakan yang kesekian kalinya dilaksanakan di wilayah Kodim 1618/TTU. Sebelumnya, pihak Kodim 1618/TTU menyerahkan bantuan dari Pangdam IX/Udayana berupa material bangunan untuk pembangunan kapela tersebut.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, kepada TIMEX, Senin (13/9), mengatakan pihaknya terlibat langsung dalam pelaksanaan pembangunan gedung Kapela Santo Andreas Usapinonot yang terletak di Desa Usapinonot, Kecamatan Insana Barat.

Menurutnya, saat ini proses pembangunan masih dalam tahapan pemasangan pondasi, pancangan kayu, dan perakitan besi. Pasalnya, fondasi awal yang sudah dibangun sebelumnya tidak bisa digunakan karena sudah tidak layak pakai lagi.

“Kita sudah siapkan sejumlah personil yang bergotong-royong bersama masyarakat setempat dalam pembangunan tempat ibadah bagi umat Kristiani di daerah tersebut,” ungkap Dandim Roni.

Dandim Roni menambahkan, kegiatan tersebut mulai dilaksanakan sejak pekan lalu. Jumlah personil yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan kapela tersebut sekitar sepuluh orang. Jumlah tersebut terdiri dari Babinsa dan anggota Koramil setempat serta anggota yang diperbantukan dari Kodim 1618/TTU.

Untuk keterangan warga setempat, lanjut Dandim Roni, panitia pembangunan membagi warga setempat dalam beberapa kelompok dengan estimasi jumlah dalam sehari itu mencapai 100 Warga yang turut membantu TNI dalam membangun tempat ibadah itu.

“Anggota kita yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan itu satu peleton. Antusias masyarakat sangat tinggi terbukti dengan sekitar 100 orang yang membantu,” jelasnya.

Dandim Roni menyatakan, kegiatan pembangunan tempat ibadah di Desa Usapinonot tersebut murni sumbangan dari Pangdam IX/Udayana. Sedangkan masyarakat hanya membantu dengan tenaga saja.

Dandim Roni berharap, pembangunan tempat ibadah tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar sehingga dapat selesai pada waktunya pula dan memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

“Kita berharap Warga setempat tetap antusias dalam membantu TNI dalam menyelesaikan pembangunan tempat ibadah ini sehingga bisa digunakan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak kembali menyalurkan bantuan untuk perbaikan rumah ibadah (Gereja) di wilayah Kodim 1618/TTU.

Kegiatan penyaluran bantuan material perbaikan rumah ibadah tersebut kali ini menyasar gereja Santu Andreas Usapinonot. Bantuan tersebut diserahkan langsung Danramil 1618-04/ Biboki Selatan, Letda Inf Agus Dacosta yang diterima oleh Pastor Paroki setempat, Pater Kornelis Dosi, SVD.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plh. Kepala Desa Usapinonot, Staf Log dua orang, anggota Koramil 1618-04 sebanyak dua orang, Kepala Dusun, ketua lingkungan dan umat sebanyak 70 orang. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Baca koran edisi : 19 Desembar 2021

Populer

To Top