Kunker ke Batas RI-RDTL, Pangdam IX/Udayana Resmikan Kapela Santo Paulus | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kunker ke Batas RI-RDTL, Pangdam IX/Udayana Resmikan Kapela Santo Paulus


RESMIKAN. Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak saat melakukan pemotongan pita sebagai tanda peresmian tempat Ibadah Kapela Santo Paulus-Sasi, Kamis (16/9). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kunker ke Batas RI-RDTL, Pangdam IX/Udayana Resmikan Kapela Santo Paulus


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Panglima Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) perdana ke Kodim 1618/TTU, Kamis (16/9).

Dalam kunker tersebut, Pangdam IX/Udayana meresmikan Kapela Santo Paulus yang terletak di Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU yang telah direnovasi oleh Kodim 1618/TTU dan umat dengan bantuan anggaran dari Pangdam IX/Udayana.

Pantauan media ini, Kamis (16/9) sekira pukul 13.45 Wita, Mayjen TNI Maruli beserta istri Ny. Paulina Uli Pandjaitan bersama rombongan tiba di Makodim TTU.

Kedatangannya Jenderal TNI bintang dua di TTU bersama rombongan disambut langsung Bupati Juandi David, Dandim 1618/ TTU, Letkol Arm Roni Junaidi, Ketua DPRD TTU, Hendrik Frederikus Bana, Dandim Belu, Letkol Inf Widji Untoro, Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Quintas, Kajari TTU, Robert Jimmy Lambila, dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri TTU, Tjokorda Putra Budi, dengan tutur adat dan pengalungan selendang.

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak kepada TIMEX, Kamis (16/9) mengatakan bahwa kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk meninjau dan menyaksikan langsung hasil dari pelaksanaan program penyediaan air bersih dan renovasi tempat ibadah bagi masyarakat yang dilaksanakan di Kodim 1618/TTU.

Dikatakan, pelaksanaan program-program pembangunan tersebut merupakan bagian dari peran TNI dalam mengatasi kesulitan rakyat serta membantu Pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah tertinggal.

“Kita ingin memastikan bahwa program kerja dari Pangdam IX/Udayana itu benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ungkapnya.

Mayjen TNI Maruli menambahkan, selama kepemimpinannya sebagai Pangdam IX/Udayana yang membawahi wilayah Bali-Nusra, banyak program yang sudah dilakukan. Misalnya pembangunan pompa hidram, sumur bor, sumur gali yang sangat membantu mengatasi masalah kekurangan air di masyarakat serta renovasi tempat ibadah serta pengembangan pertanian dan peternakan.

Pangdam IX/Udayana menjelaskan, ke depan akan melaksanakan program sumur bor dan program menaikkan air sungai untuk membantu masyarakat sesuai dengan sumpah prajurit dan 8 wajib TNI.

BACA JUGA: Pangdam IX/Udayana Resmikan Pompa Hydram di Tiga Provinsi secara Virtual

BACA JUGA: Pangdam IX/Udayana Berbagi dengan Purnawirawan dan Warakawuri di TTU

“Kunjungan kerja ini dimulai dari wilayah Lombok Bima, kemudian ke Kupang, TTS, TTU dan sesuai rencana akan lanjut ke Rote. Memang ada beberapa kegiatan yang perlu dikontrol sehingga pelaksanaan ke depannya lebih efektif dan efisien seperti pembangunan sumur bor, perbaikan gereja, program pengembangan peternakan dan pertanian. Itu yang saya tinjau selama kunjungan kerja ini,” jelasnya.

Mayjen TNI Maruli juga sangat berterima kasih kepada personil TNI dari Kodim 1618/TTU dan masyarakat Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Selatan yang telah bahu-membahu merenovasi Kapela Santo Paulus Sasi sehingga dapat digunakan masyarakat untuk beribadah dengan nyaman.

Mayjen TNI Maruli berharap, bangunan kapela yang telah direnovasi tersebut dapat dijaga dan dirawat masyarakat khususnya umat Kapela Santo Paulus dengan sebaik-baiknya.

“Program-program yang dilaksanakan di Kodim 1618/TTU sudah berjalan baik. Walaupun tidak bisa sempurna penuh, yang penting lebih layak dan ada perbaikannya. Saya yakin prajurit dan masyarakat antusias karena semua bekerja sama merenovasi gereja dalam waktu satu bulan lebih. Ini yang coba kita berikan ide bahwa dengan biaya murah kita bekerja sama dan bisa menyelesaikan banyak hal,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pangdam IX/Udayana juga menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat sangat berterimakasih terhadap TNI AD yang berperan penting dalam menekan angka penyebaran Covid-19.

Karena itu, lanjutnya, seluruh personil TNI khususnya yang berada di Kabupaten TTU tetap menjaga kesehatan karena dihadapkan dengan masih adanya pandemi Covid-19 yang belum berakhir serta tetap menjaga hubungan dan berbuat kebaikan terhadap masyarakat di wilayahnya.

“Saya berharap, TNI tetap berada di garda terdepan dalam melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di wilayah teritorial masing-masing,” pungkasnya.

Sementara itu, Pastor Paroki Santo Antonius Padua Sasi, Pater Joze Nitcae, OFM. Conv., mengatakan pihaknya selaku pastor paroki mewakili umat, pengurus Dewan Pastoral Paroki dan Dewan Stasi menyampaikan terima kasih atas kunjungan Pangdam IX/Udayana ke wilayah Paroki Sasi untuk meresmikan Kapela Santo Paulus.

Dikatakan, bantuan renovasi kapela tersebut merupakan bantuan yang kedua kalinya bagi Paroki Santo Antonius Padua Sasi, setelah sebelumnya pihaknya menerima bantuan untuk renovasi Kapela Oelninaat.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan Pangdam IX/Udayana yang telah disalurkan lewat Kodim 1618/TTU. Terima kasih juga atas dukungan dan kerja sama TNI dan umat dalam membangun dan merenovasi rumah ibadah di Paroki Sasi,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top