Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Festival Kelimutu | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Festival Kelimutu


PUKUL KENTONGAN. Bupati Ende, Djafar Achmad, Sekretaris Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Edy Wardoyo dan sejumlah pejabat memukul kentongan dalam seremoni pembukaan Festival Kelimutu bertempat di Pelataran Kantor Taman Nasional Kelimutu, Rabu (15/9). (FOTO: LEXI SEKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Festival Kelimutu


ENDE, TIMEXKUPANG.com-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno mengapresiasi penyelenggaraan Festival Kelimutu yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende. Peyelenggraan Festival Kelimutu tersebut dibuka oleh Bupati Ende Djafar Achmad, Rabu (15/9), bertempat di Pelataran Kantor Taman Nasional Kelimutu. Hadir mewakili Menparekraf, Edy Wardoyo selaku Sekretaris Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan.

Melalui streaming, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan upaya membangkitkan dan menghadirkan kembali penyelenggaraan even di Kabupaten Ende. Dia menyebutkan Festival Kelimutu 2021 luar biasa.

“Semoga bisa bangkitkan semangat kita. Pariwisata tidak bisa dipisahkan baik alam maupun budaya. Dan Kabupaten Ende punya potensi itu untuk dijadikan daerah tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupuan mancanegara,” ujar Menparekraf.

Sandiaga menyebutkan, kegiatan wisata yang mengedepankan sejarah, alam dan budaya sangat menarik bagi wisatawan karena itu ia menyampaikan rasa salut kepada pemerintah Kabupaten Ende.

“Saya berharap bisa membantu gerak perekonomian daerah dan meningkatkan ekonomi kreatif. Salut,” kata Sandiaga Uno lagi. Ia berharap tetap mematuhi protokol kesehatan.

Saat menyampaikan sambutannya, Bupati Djafar Achmad mengatakan, kebijakan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi Covid-19 turut berpengaruh bagi penurunan akselerasi sektor transportasi dan pergerakan manusia dalam hal ini wisatawan.

Menyikapi ini, pemerintah melakukan skema baru dalam upaya mempromosikan pariwisata dengan menggelar event pariwisata menggunakan media digital dan partisipasi masyarakat dapat dikendalikan, hal ini penting agar tidak muncul cluster baru.

“Promosi pariwisata harus terus kita lakukan, karena masih Covid-19 kita buat skema baru untuk promosi. Kita gelar Festival Kelimutu ini dengan gunakan media digital seperti kita laksanakan saat ini,” jelas Bupati Djafar.

Sebelumnya Bupati mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menjawab kerinduan masyarakat khususnya pelaku pariwisata.

Disebutkan, di tengah Kabupaten Ende yang kini sudah turun ke level 2 PPKM, dan untuk membangkitkan kembali semangat masyarakat maka even ini digelar. Namun demikian lanjut dia, protokol kesehatan yang ketat dikedepankan.

Djafar mengatakan, even Festival Kelimutu sebenarnya sudah terjadwal pada Agustus lalu, namun karena Kabupaten Ende masuk dalam PPKM level 4 maka pelaksanaan digeser hingga 15 September 2021 ini.

Sementara itu, Sekretaris Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Kemenparekraf, Edy Wardoyo menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan Festival Kelimutu dimasa pandemi ini. Dia menyebutkan even ini merupakan kolaborasi antara Pemkab Ende dengan Kemenparekraf.

“Kami mendukung even ini. Meski di masa pandemi Pemda Ende berani menggelar. Harapan, protokol kesehatan yang ketat harus benar dilaksanakan,” pinta Edy.

Dikesempatan itu ia juga berharap bukan hanya sekadar pamer potensi pariwisata namun lebih dari itu kreativitas masyarakat juga harus lebih ditonjolkan.

“Harapan saya, jika penyelenggaraan baik, swasta dan sponsor akan masuk selain kami dari kementrian yang melakukan kolaborasi dengan pemerintah kabupaten,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Martinus Satban mengatakan, pegelaran yang dilakukan dimasa pandemi Covid-19 pada level 2 PPKM dengan menerapkan pola baru dalam tatanan baru. Sehingga kegiatan ini syarat dengan prokes ketat.

“Even ini beri keyakinan kepada dunia pariwisata bahwa kita siap berjalan bersama Covid-19 dengan mengedepankan even ini dengan prokes ketat dan tatanan baru penyelenggaraan pariwisata,” pungkasnya. (Kr7)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top