NTT Siap Sukseskan PON Perjuangan di Papua | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

NTT Siap Sukseskan PON Perjuangan di Papua


VIRTUAL MEETING. Ketua KONI NTT, Andre W. Koreh saat memberikan penjelasan kepada Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman dalam rapat Virtual bersama KONI seluruh Indonesia, Kamis (16/9). (FOTO: Tangkapan layar/Istimewa)

SPORT

NTT Siap Sukseskan PON Perjuangan di Papua


Sebelum Berangkat Vaksinasi Harus 100 Persen

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Ketua Umum KONI Pusat, Letjen Purn. Marciano Norman melakukan pertemuan secara virtual dengan para Ketua KONI seluruh Indonesia yang berlangsung Kamis (16/9). Rapat itu beragenda pengecekan kesiapan masing-masing KONI menghadapi PON XX/2021 di Papua awal Oktober nanti.

Dalam rapat itu, Ketua Umum KONI NTT, Dr. Ir. Andre W. Koreh, MT menyampaikan kesiapan kontingen NTT untuk hadir berpartisipasi dan menyukseskan PON XX/2021 Papua. Bahkan NTT siap menyesuaikan dengan kondisi yang ada di Papua.

Soal vaksinasi atlet yang masih di bawah 100 persen, sempat menjadi sorotan Ketua Umum KONI Pusat, dan diminta agar sebelum berangkat vaksinasi atlet sudah harus mencapai 100 persen.

Pemberian vaksin dalam rangka prokes, kata Andre, menjadi hal yang wajib dilakukan bagi semua atlet dan official yang akan menuju PON. Dimana masih banyak kontingen yang atlet dan officialnya belum 100 persen divaksin.

NTT dalam laporan itu baru 82 persen, tapi sudah diklarifikasi bahwa atlet dan offisial NTT dengan jumlah 89 atlet, 44 official dan 31 bagian pengamanan, siap divaksin menjelang keberangkatan.

Untuk pengamanan, kata Andre, dirinya menyampaikan ada 31 personil anggota Brimob Polda NTT yang akan mendampingi kontingen NTT.

Dari rapat virtual dengan KONI pusat ini, disimpulkan bahwa semua provinsi siap hadir dan menyukseskan PON XX/Papua dengan segala kekurangan di sana sini, yang akan terus diperbaiki menjelang pembukaan PON pada tanggal 2 Oktober mendatang.

“PON ini adalah ajang pembuktian pada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan mampu menggelar multi event seperti PON di tanah Papua. Semua provinsi juga menyatakan siap mendukung PON XX/2021 yang dinyatakan sebagai PON Perjuangan. Karena Papua dengan segala keterbatasannya mampu menggelar multi event ini,” beber Andre.

BACA JUGA: Lepas Kontingen NTT ke PON, Gubernur: Kita Hadir untuk Nyatakan Persatuan dan Kesatuan

Semua Provinsi oleh Ketua Umum KONI Pusat juga diminta menjadi bagian dari solusi jika dalam pelaksanaan PON kali ini ditemukan berbagai kekurangan.

“Jika ditemukan berbagai perbedaan dalam pertandingan dan lainnya, hendaknya dicarikan solusi dalam suasana penuh kekeluargaan dan musyawarah dengan semangat persaudaraan,” ungkap Andre sambil mengutip tagline PON Papua, “Torang Bisa”.

Dalam rapat juga dibahas soal akomodasi dan tranportasi yang sudah dalam posisi stand bye menanti kedatangan para tamu di Papua.

Para vendor yang menyiapkan makanan dan lainnya, juga sudah di dalam tahapan kontrak dengan PB PON, mengingat anggaran dari APBN juga sudah siap dicairkan ke PB PON.

Terkait dengan kesiapan keberangkatan Kontingen NTT, sebagai Ketua KONI NTT, Andre Koreh juga berterima kasih kepada Pemda NTT, karena sudah membantu KONI NTT melaksanakan sebagian tugas KONI di PON.

“Berbagai hal yang berkaitan dengan keberangkatan sudah dikelola Pemda NTT. Apalagi selama ini KONI memang hanya mengurus yang berkaitan dengan peningkatan prestasi, sehingga diambil alihnya pengurusan keberangkatan ke Papua, atribut, transportasi, dan lainnya sudah ditangani Pemda NTT adalah hal yang meringankan KONI NTT,” ungkap Andre.

Andre juga menjelaskan bahwa penyelenggara PON sesuai UU dan PP adalah KONI dan PB PON, maka di arena PON Papua, semuanya akan tetap dalam kendali KONI Pusat, PB PON, dan KONI daerah.

“Jadi ini juga bagian dari meringankan beban KONI menghadapi PON karena yang utama di PON itu adalah pertandingan dan prestasi atlet. Kita siap dukung atlet kita di arena PON ini,” jelas Andre. “Mohon dukungan doa dari seluruh rakyat NTT agar prestasi atlet NTT di PON kali ini bisa lebih baik dari PON-PON sebelumnya,” pintanya. (rum)

Komentar

Berita lainnya SPORT

To Top