Jadikan HUT Ke-99 Kota Kefamenanu sebagai Momen untuk Refleksi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jadikan HUT Ke-99 Kota Kefamenanu sebagai Momen untuk Refleksi


TUMPENG. Bupati TTU, Juandi David dan Wabup TTU, Eusabius Binsasi didampingi istri masing-masing memegang potongan tumpeng sebagai lambang perayaan HUT ke-99 Kota Kefamenanu, Rabu (22/9). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Jadikan HUT Ke-99 Kota Kefamenanu sebagai Momen untuk Refleksi


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-99 Kota Kefamenanu yang diperingati pada 22 September 2021 sangat berbeda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya. Dimana, momentun hari bersejarah bagi seluruh warga Kabupaten TTU tersebut tidak bisa dirayakan dengan meriah seperti yang dirayakan sebelumnya adanya pandemi Covid-19.

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTU bersama DPRD, pimpinan BUMN, BUMD dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) merayakan momentum hari bersejarah itu dengan menggelar upacara yang berlangsung di aula Kantor Bupati TTU.

Usai upacara, Bupati Juandi David kepada seluruh awak media, mengajak seluruh masyarakat TTU dimana saja berada untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas rahmatNya diberikan kesempatan untuk merayakan HUT ke-99 Kota Kefamenanu dalam keadaan sehat walafiat.

Dikatakan, perayaan HUT kali ini dilakukan secara sederhana karena sedang dalam masa pandemi, sehingga beberapa kegiatan rutin seperti karnaval budaya, pameran pembangunan, dan berbagai kegiatan lainnya yang bersifat hiburan ditiadakan.

Upaya tersebut dilakukan dengan tujuan menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten TTU. Walaupun dirayakan secara sederhana, perayaan HUT tahun ini tidak menghilangkan esensi dalam merayakan HUT Kota Kefamenanu.

BACA JUGA: Sedang Pandemi, Pemkab TTU Rayakan HUT Ke-99 Kota Kefamenanu secara Sederhana

“Kesederhaan ini tidak menyederhanakan semangat kita untuk maju, tidak pula menyederhanakan semangat kebersamaan dan gotong royong untuk bangkit bersama memajukan Kota Kefamenanu. Justru dalam keadaan ini, teristimewa dalam momentum HUT kota ini, menjadi saat yang tepat bagi kita sekalian untuk berintropeksi diri, sudah sejauh mana kita berkontribusi bagi kemajuan masyarakat dan daerah yang kita cintai,” ungkapnya.

Bupati Juandi menambahkan, pandemi Covid-19 yang telah melanda seluruh dunia, termasuk TTU, telah mengguncang semua sendi kehidupan. Kenyataan pahit ini, harus dihadapi dan menjadi cambuk dalam menghadapi virus Covid-19. Upaya preventif harus didahulukan dari pada upaya kuratif.

Menurut Bupati Juandi, walaupun saat ini angka penderita Covid-19 di TTU semakin berkurang, namun pola hidup bersih dan sehat harus tetap diterapkan secara ketat. Pasalnya, penyebaran virus Covid-19 juga mengakibatkan pendapatan masyarakat merosot tajam serta angka kemiskinan meningkat. Pada Maret 2020, angka kemiskinan di TTU tercatat sebesar 20,90 persen. Persentase ini meningkat 0,28 persen dibanding periode yang sama pada September 2019 lalu.

“Mari kita sekalian meneguhkan semangat persatuan dan kesatuan segenap insan Kota Kefamenanu. Kini saatnya kita berdiri bersama, bergandengan tangan dalam menghadapi Covid-19. Kita bukanlah bangsa yang lemah, yang menerima kemerdekaan sebagai sebuah hadiah. Ini telah dibuktikan dengan 99 tahun yang lalu dimana para panglima, tamukung-tamukung dapat memukul mundur balatentara terkuat saat itu,” tegasnya. (Mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top