Rote Ndao Turun Level PPKM, Resepsi Pernikahan Mulai Dilonggarkan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Rote Ndao Turun Level PPKM, Resepsi Pernikahan Mulai Dilonggarkan


Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, dalam sebuah momen Monev di Kecamatan Landu Leko, belum lama ini. (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Rote Ndao Turun Level PPKM, Resepsi Pernikahan Mulai Dilonggarkan


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao, secara resmi mulai melonggarkan penyelenggaraan kegiatan sosial kemasyarakatan. Hal tersebut diberlakukan dengan mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, pada Selasa (21/9).

Melalui Instruksi Bupati Rote Ndao Nomor: 907 tahun 2021, sejumlah kegiatan sosial kemasyarakatan yang sebelumnya dilarang, kini bisa diselenggarakan. Namun, masih tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ditetapkan dalam masa pandemi Covid-19, sebagaimana rekomendasi Tim Satgas.

Satu diantaranya adalah penyelenggaraan resepsi pernikahan. Dimana kegiatan ini lazim dilakukan sebagai ungkapan syukur keluarga atas terbentuknya sebuah rumah tangga baru. Yang dalam penyelenggaraanya identik dengan suasana bersuka ria (pesta). Namun, karena sangat berpotensi menimbulkan kerumunan orang, resepsi pernikahan sebelumnya tidak diperkenankan untuk dilaksanakan. Bahkan, acara pemberkatan nikah pun sempat dibatasi hingga beberapa waktu, kemudian diizinkan.

“Kegiatan resepsi pernikahan dan hajatan kemasyarakatan dapat dilaksanakan,” tulis Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, dalam instruksinya Nomor 907 tahun 2021. “Dengan ketentuan, jumlah yang hadir sebanyak 50 persen dari kapasitas dan wajib mengajukan permohonan rekomendasi kepada Satgas penanganan Covid-19, Kabupaten Rote Ndao,” sambungnya dalam point ketiga, angka 5 instruksinya.

Lebih lanjut, masih di angka 5, Bupati Paulina, mewajibkan keluarga dari kedua mempelai yang akan melangsungkan resepsi pernikahan untuk menjalani rapid test antigen, selanjutnya penerapan protokol kesehatan wajib diterapkan dalam penyelanggaraan resepsi yang akan berlangsung.

Kabupaten Rote Ndao sebelumnya menerapkan PPKM Level III, kini mulai memberlakukan PPKM Level II, terhitung sejak Selasa (21/9). “Pada saat berlakunya instruksi Bupati ini, maka instruksi Bupati Rote Ndao Nomor 709, tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 dalam rangka pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Rote Ndao, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi,” kata Bupati Paulina dalam poin 11 instruksinya. (mg32)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top