Pasokan Vaksin Kurang, Vaksinasi Remaja di Manggarai Sangat Rendah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pasokan Vaksin Kurang, Vaksinasi Remaja di Manggarai Sangat Rendah


Plt. Kadis Kesehatan Manggarai, Nobertus Burhanus. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pasokan Vaksin Kurang, Vaksinasi Remaja di Manggarai Sangat Rendah


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Antusiasme masyarakat, khususnya para remaja di Kabupaten Manggarai untuk ikut vaksinasi Covid-19, meningkat. Namun minat itu tidak diimbangi dengan pasokan vaksin yang dinilai masih sangat kurang. Hal ini berakibat pada capaian vaksinasi yang sangat rendah di Manggarai.

“Capaian vaksinasi untuk pelajar atau remaja di Manggarai saat ini, masih sangat rendah. Itu karena terkendala pasokan vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT yang terbatas,” ujar Plt. Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Manggarai, Nobertus Burhanus, kepada TIMEX di ruang kerjanya, Jumat (22/10).

Menurutnya, sesuai data per 21 Oktober 2021, progres vaksinasi khusus remaja, yakni rentan usia 12-17 tahun di Manggarai, baru mencapai 15,26 persen. Pelaksanaan vaksinasi untuk remaja, benar-benar terbatas. Padahal, kata Nobertus, minat para remaja begitu tinggi.

Nobertus mengatakan, program vaksinasi untuk remaja merupakan salah satu sasaran yang sangat penting. Apalagi saat ini di Manggarai, sudah mulai diberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas. Jika capaian vaksinasi untuk pelajar ditingkatkan, tentu ikut mendukung upaya pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity) di sekolah.

“Kita ingin percepat vaksinasi untuk para pelajar, tentu untuk mendukung pembelajaran tatap muka, biar bisa segera dilaksanakan secara maksimal. Termasuk kita percepat untuk masyarakat umum. Minat orang untuk vaksin itu tinggi, dan petugas vaksinator selalu siap, tapi kendalanya saat ini pasokan vaksin,” katanya.

Nobertus menyebutkan, sesuai Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementrian Kesehatan, target vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Manggarai sebanyak 221.211 sasaran. Terdiri dari Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan sebanyak 2.131 sasaran, petugas publik 24.169 sasaran, remaja 36.910 sasaran, masyarakat umum 135.422 sasaran.

Selain itu, ibu hamil sebanyak 2.825 sasaran, dan lansia sebanyak 19.754 sasaran. Tentu progres vaksinasi bagi 221.211 sasaran tersebut, hingga pada dosis 2 baru mencapai 62,03 persen. Saat ini kegiatan vaksinasi bagi masyarakat terus dilakukan di sejumlah titik. Pelaksanaanya berjalan lancar.

“Saat ini vaksin dosis dua yang masih tersedia, untuk vaksin Sinovac tersisa 950 vial, AZ sisa 21 vial, dan Moderna sisa 34 vial. Sedangkan untuk dosis satu, belum ada. Terkait vaksinasi remaja, kita terus berupaya mengajukan ke Provinsi NTT. Kita berharap jatah dosis vaksin ke Manggarai diperbanyak,” pungkas Nobertus. (Krf3)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top