Kesulitan Melayani Daerah Terpencil, Kapolda Perintah Jajaran Lancarkan Tugas Dokter | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kesulitan Melayani Daerah Terpencil, Kapolda Perintah Jajaran Lancarkan Tugas Dokter


BERSAMA MASYARAKAT. Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif, SH., M.Hum bersama masyarakat Desa Penfui Timur di hanggar helipad milik Polda NTT, Jumat (29/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kesulitan Melayani Daerah Terpencil, Kapolda Perintah Jajaran Lancarkan Tugas Dokter


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Petugas kesehatan yang bertugas di daerah-daerah terpencil seringkali tidak bisa menjalankan tugas secara maksimal karena mendapatkan banyak hambatan atau kesulitan. Mulai dari fasilitas, akses hingga ke permukiman masyarakat pedalaman.

Kondisi tersebut mendapat pengeluhan dari tenaga medis (dokter) dan masyarakat. Menindaklanjuti laporan yang diterima, Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif memerintahkan kepada Polres dan Polsek jajaran untuk membantu perlancar tugas para dokter di wilayah sulit tersebut.

“Saya sudah perintahkan para Kapolres/Kapolsek untuk bantu kesulitan para dokter-dokter yang tugas di daerah terpencil,” ujar Irjen Lotharia Latif kepada TIMEX, di Kupang, Senin (1/11).

Menurut Irjen Latif, para dokter dan tim medis perlu rasa aman dan nyaman. Bila belum ada akomodasi atau sarana prasarana, bisa bergabung dengan Polsek-Polsek setempat, untuk manfaatkan ruangan Polsek atau rumah dinas polsek yang kosong. “Para Kapolsek nantinya akan mengatur hal tersebut,” tegas jenderal polisi dengan dua bintang di pundak itu.

Irjen Lotharia menjelaskan bahwa ini adalah wujud sinergitas Polri dalam membantu para dokter yang sedang praktik di daerah-daerah pelosok dan terpencil. “Kantor-kantor polisi adalah aset negara yang terbuka bisa digunakan untuk para dokter yang sedang melaksanakan tugas kemanusiaan,” tuturnya.

Untuk itu, Kapolda meminta para Kapolres segera koordinasi dengan Dinkes Kab/Kota dan respon untuk pengamanan dan kelancaran tugas para dokter apabila ada hambatan atau gangguan terhadap pelaksanaan tugas di lapangan dalam melayani masyarakat.

Bantu sepenuhnya dan laksanakan pengamanan bagi para dokter yang melaksanakan tugas pelayanan kesehatan masyarakat.

Selain itu, para Bhabinkamtibmas membantu para dokter-dokter tersebut bila diperlukan dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada di kesatuan Polri.

“Koordinasikan tugas tersebut dengan baik dan bantu sepenuhnya dalam memberikan pengamanan dan perlindungan thderhadap para dokter yang melaksanakan tugas di lapangan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” tegasnya. (mg29)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top